MKKSP Sulsel Kunjungi SMAN 3 Pinrang

  • Bagikan

PINRANG, RAKYATSULSEL - Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Penggerak (MKKSP) Sulawesi Selatan mengunjungi SMK Negeri 3 Pinrang di Kecamatan Mattirosompe. Kunjungan dilakukan sesuai pelaksanaan rapat koordinasi MKKSP Sulsel di Edotel Pinrang yang digelar 23-25 September.

Rombongan dipimpin Ketua MKKSP Sulsel Muhammad Asrar itu mengunjungi SMK Negeri 3 Pinrang untuk memantau praktik belajar dan Program Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5).

Menurut Asrar, kunjungan ini merupakan bentuk apresiasi yang dilakukan di SMAN 3 Pinrang yang punya moto "kami tumbuh bersama hebat semua". Itu sebabnya, bila ada pratik baik yang dilakukan kepala sekolah, sekolah lain bisa mengadopsi dan mengkondisikan sesuai karakter dan potensi sekolah tersebut.

“Praktik baik yang dilakukan SMAN 3 Pinrang sangat baik dan sesuai dengan kondisi alamnya dengan mengembangkan agro wisata, pertanian, perkebunan, dan perikanan, serta beberapa inovasi sarana pendukung lainnya," ujar Asrar.

Wakil Ketua Kepla SMA Athirah Makassar Tawakkal Kahar, yang ikut dalam rombongan mengapresiasi berbagai karya di antaranya ruang kelas dan sekitarnya yang memanfaatkan potensi yang dimiliki dengan penataan yang baik. Ruang belajar tidak hanya di dalam kelas tetapi juga diciptakan di luar ruangan kelas.

“Inovasi yang dilakukan di SMAN 3 Pinrang kami apresiasi, begitu juga prestasi siswa yang terus meningkat," ujar dia.

Selain itu kata motivasi berupa moto atau slogan sekolah yang memotivasi siswa tentu sangat baik untuk menjadi salah satu icon sekolah yang positif.

Sementara itu kepala SMAN 3 Pinrang, Abdul Wahid Nara mengucapkan terima kasih atas kunjungan para kepala SMA penggerak se Sulsel di sekolah yang dipimpinnya.

"Inovasi yang diciptakan di sekolah berkat dukungan dari semua pihak termasuk siswa, guru, komite, orang tua dan dorongan dan saling memotovasi dari komunitas MKKSP," ujar Wahid.

“Budaya kolaborasi, gotong royong serta bahu membahu dalam meningkatkan percepatan peningkatan mutu pendidikan perlu terus digalakkan,” sambung mantan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sulsel ini.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan tari Padduppa, lalu memperkenalkan lagu mars SMAN 3 Pinrang, lalu berkunjung keberapa lokasi projek di antaranya agro wisata, perkebunan, pertanian, perikanan, serta ruangan digital dan smart school.

Rombongan yang terdiri atas Kepala SMAN 4 Makassar, Syafruddin, Kepala SMAN 21 Makassar Andi Erna, Kepala SMAN 5 Soppeng, Fatmawati serta beberapa kepala sekolah penggerak se Sulsel juga mengunjungi beberapa view sekolah yang menarik seperti green house atau pusat pembibitan serta toilet percontohan. Kunjungan diakhiri dengan menggelar out bond di Pata Sinobe, Pantai Patobong. (*)

  • Bagikan