Belum Cukup Kuota Perempuan, Bawaslu Mamuju Bakal Perpanjangan Pendaftaran Panwascam Enam Kecamatan

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin

MAMUJU, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mamuju resmi menutup pendaftaran rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Rabu (27/9). Hasilnya, ada 222 orang yang tercatat melakukan pendaftaran anggota Panwascam.

Diketahui, sebanyak 222 orang telah melakukan proses registrasi pendaftaran yang tersebar di 11 kecamatan yang ada di Mamuju. Berdasarkan pedoman rekrutmen yang diberlakukan Bawaslu, jumlah keterwakilan perempuan dari total pendaftar di setiap kecamatan sebanyak 30 persen.

Meski begitu, Bawaslu Mamuju berencana memperpanjang pendaftaran panwascam di enam kecamatan. Alasannya, kuota penerimaan belum mencukupi sesuai yang ditetapkan panitia penyelenggara.

"Dari hasil konsultasi dengan Komisioner Bawaslu RI, Pak Herwin maka enam kecamatan berpotensi dilakukan perpanjangan dikarenakan belum memenuhi total 30 persen dari jumlah pelamar," ungkap Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin.

Enam kecamatan itu, sambung dia, yaitu Kecamatan Bala-balakang, Kecamatan Papalang, Kecamatan Kalumpang, Kecamatan Mamuju, Kecamatan Bonehau, Kecamatan Kalukku. Pendaftaran akan ditutup 8 Oktober 2022 mendatang.

Berdasarkan persyaratan, keterwakilan perempuan untuk Kecamatan Bala-balakang baru 14 persen, Bonehau 17 persen, Kalukku 20 persen, Mamuju 22 persen, Kalumpang 18 persen, dan Tapalang 11 persen.

"Jika nantinya setelah perpanjangan pendaftaran masih tidak memenuhi ambang batas keterwakilan perempuan 30 persen, maka Bawaslu selaku panitia rekrutmen akan tetap melanjutkan ke tahapan selanjutnya," paparnya.

Setelah masa pendaftaran berakhir, panitia akan melakukan penelitian berkas administrasi pendaftar, kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil verifikasi berkas pendaftar sekaligus menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat terkait nama-nama yang dinyatakan lolos verifikasi. (Sudirman)

  • Bagikan