163 Pendaftar, Bawaslu Pasangkayu Mulai Verifikasi Berkas Peserta Calon Panwascam

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Pasangkayu, Ardi Trisandi,

PASANGKAYU, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasangkayu mencatat pendaftar calon panwascam ada 163 orang yang tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Pasangkayu.

"Saat ini dari 163 orang itu, kami sudah mulai proses penelitian kelengkapan berkas calon tersebut mulai hari ini sampai besok," ungkap Ketua Bawaslu Pasangkayu, Ardi Trisandi, Kamis (29/9).

Dia menjelaskan, mereka saat ini dalam proses penelitian. Berdasarkan hasil rapat ada yang ditemukan tidak memenuhi syarat, tentu akan dinyatakan tidak lulus administrasi, dan pengumumannya ini akan disampaikan pada 12 Oktober 2022 mendatang.

Hasil pemeriksaan pendaftar di masing-masing kecamatan, masih ada yang belum memenuhi syarat dua kali jumlah kebutuhan atau belum terpenuhinya 30% keterwakilan perempuan, maka ini masa pendaftaran akan diperpanjang.

"Masa perpanjangan ini akan diumumkan pada tanggal 1 Oktober dan masa pendaftaran pada tanggal 2 sampai tanggal 8 Oktober,"jelasnya.

Ardi Trisandi mengatakan, ada empat kecamatan yang berpotensi akan dilakukan perpanjangan, yakni Kecamatan Duripoku, Kecamatan Bulu Taba, Kecamatan Bambaira dan Kecamatan Sarjo.

Ardi Trisandi, menambahkan, dalam rekrutmen Panwascam, tidak ada kata istilah titipan dari manapun. Bawaslu Kabupaten hanyalah sebagai jajaran penyelenggara pengawas pemilu di tingkat kecamatan.

"Jadi kalau misalnya ada titipan dari partai politik atau yang punya kepentingan, maka tidak akan melihat kepada Bawaslu akan tetap profesional dalam menentukan siapa yang layak dan pantas untuk menjadi penyelenggara,"terang Ardi. (Sudirman)

  • Bagikan