Kolaborasi Kampanyekan ‘Gemar Makan Ikan’

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Pemerintah Kota melalui Dinas Pertanian, Kelautan Dan Perikanan (PKP) Kota Parepare bekerjasama Tim Penggerak PKK, dan Dinas Kesehatan menyosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)

Mengusung Tema “Makan Ikan Cegah Stunting Untuk Generasi Kuat Dan Cerdas” ini dilakukan di tiga titik di Kota Parepare, yakni Kelurahan Ujung Baru, Kelurahan Tiro Sompe, dan Kelurahan Bumi Harapan, dan dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan, didampingi Kepala Dinas PKP Wildana, Dan masing-masing Pokja TP PKK turut hadir dan Kepala Puskesmas Lumpue, Irna Amir, pada Kamis (29/9/2022).

Ketua TP PKK Kota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan mengatakan, gerakan memasyarakatkan makan ikan atau yang dikenal dengan GEMARIKAN ini dilakukan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

“kegiatan ini untuk mengajak masyarakat agar gemar makan ikan dalam rangka masih pencegahan stunting di Kota Parepare, yang mana ini adalah domain dari Dinas PKP. Yang terpenting sekarang ini, bagi ibu-ibu karena sudah tahu manfaat ikan, agar berusaha memang dengan sungguh-sungguh untuk memperkenalkan ikan sejak dini. Karena kita tau bahwa kandungan ikan sangat luar biasa, proteinnya tinggi,”Ucap Erna.

Lanjutnya, Gemarikan dapat dimulai dari keluarga, dimana anak-anak sekarang lebih suka makan makanan cepat saji berbahan dasar non ikan yang kini banyak tersedia di pasaran. Oleh karena itu untuk mensiasati hal tersebut yaitu dengan mengubah bentuk masakan ikan menjadi bentuk lain seperti Abon, Bakso ikan, nugget ikan, sosis ikan dan lainnya.

“Jadi tadi juga saya disampaikan oleh Ibu-ibu bahwa anaknya tidak mau makan ikan yang utuh, jadinya kasi masuk di nasi atau dibuat menjadi abon. Dan banyak juga ibu yang lebih suka instan kasi saja susu ke anaknya jika tidak mau makan, tidak memperhatikan pola gizi mereka. Jadi olehnya itu, inilah usaha kita untuk memperkenalkan berbagai jenis olahan berbahan dasar ikan,”tandasnya.

Dalam sosialisasi ini, Erna Rasyid Taufan didampingi Kepala Dinas PKP membagikan paket makanan berisi burger, Abon ikan dan makanan lainnya berbahan dasar ikan, bagi anak-anak. (Yanti)

  • Bagikan