Mau Berhasil Kampanye Partai Politik ? Ini Trik Versi Dari Rakyatsulsel

  • Bagikan
rakyatsulsel partai politik kampanye digital marketing - ucha
Mau Berhasil di Kampanye Partai Politik ? ini Trik dari Rakyatsulsel

RAKYATSULSEL - Tahun politik Indonesia semakin dekat, partai politik mulai mendaftarkan namanya ke KPU untuk menjadi partisipan dalam pemilu 2024.

Persiapan rancangan strategi untuk menarik jutaan voters di Indonesia seharusnya sudah disiapkan dari sekarang. 

Digital marketing politik dapat menjadi salah satu strategi paling ampuh untuk meyakinkan para pemilih.

Kampanye konvensional yang langsung terjun menemui masyarakat di masa semi pandemi ini rasanya masih sangat rawan dan kurang etis.

Walaupun hal tersebut masih bisa dilakukan, tetapi dengan beberapa protokol kesehatan yang diterapkan sesuai daerah masing-masing. 

Digital marketing dapat menjadi opsi kampanye untuk menarik perhatian jutaan voters tanpa harus repot-repot mengunjungi daerah tujuan.

Dengan menggunakan jasa digital marketing, Anda dapat menjangkau target audience sesuai dengan keinginan dan kriteria yang berlaku. 

Artikel ini akan membahas pentingnya digital marketing bagi partai politik di era keterbukaan ini. Serta akan memberikan 6 strategi digital marketing partai politik agar kampanye berhasil versi rakyatsulsel 

Pentingnya Digital Marketing Politik 

1. Menjangkau Voters Lebih Luas 

Dengan menggunakan channel digital akan memudahkan calon kandidat terhubung dengan calon voters melalui berbagai device, kapan saja, dan di mana saja.

Pengguna internet di Indonesia mencapai 210 juta jiwa, secara kasar sebenarnya calon kandidat bisa menargetkan semua orang sebagai calon voters-nya. 

Tetapi, semua tergantung pada calon kandidat ingin menentukan calon pemilihnya berdasarkan usia, letak geografi, ataupun berdasarkan konteks yang sesuai.

Agar memastikan key message yang disampaikan, sampai kepada calon pemilih. 

Digital marketing menawarkan jangkauan pemilih lebih luas karena di zaman sekarang semua orang sudah go online. 

2. Menjangkau Setiap Generasi Voters yang Menggunakan Internet

Setiap generasi pasti memiliki ciri khas pendekatan yang berbeda. Perbedaan generasi pasti memiliki perbedaan pandangan, tujuan, hingga pilihan politik.

Makanya dibutuhkan gaya komunikasi yang berbeda untuk menarik perhatian setiap generasi.

Karena, jika hanya menggunakan satu gaya komunikasi saja sudah pasti tidak semua orang akan tertarik dan mengerti akan visi misi yang ditawarkan oleh calon kandidat. 

3. Menganalisis Behaviour Para Voters Melalui Monitoring 

Behaviour atau perilaku pemilih dapat Anda lihat melalui monitoring media sosial. Anda dan tim dapat mengidentifikasi orang-orang yang melawan atau memberikan kritikan keras kepada partai politik.

Dengan begitu Anda dapat menentukan langkah komunikasi yang tepat untuk orang-orang yang memberikan kritikan. 

Selain itu, Anda dan tim dapat melihat orang-orang yang mendukung atau bersimpati atas calon kandidat dari partai politik tertentu.

Anda dapat memetakan dan menganalisis lebih dalam terkait strategi komunikasi yang tepat. 

4. Dapat Menganalisis Data Secara Realtime

Kelebihan yang ditawarkan digital marketing dapat melihat data secara realtime. Banyaknya tools digital marketing yang digunakan akan memudahkan Anda untuk melihat data-data dari target audience. 

Anda dapat melihat engagement rate, jumlah pengunjung ke profil instagram, jumlah akun yang terjangkau, dan total interaksi yang ada pada satu profil.

Dari hal tersebut dapat Anda analisis lebih dalam mengenai data-data yang sudah didapatkan. 

6 Strategi Digital Marketing Politik Agar Kampanye Sukses

1. Identifikasi Target Pemilih dan Audience 

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi target pemilih dan audience. Apa yang mereka inginkan? Apa yang ingin mereka lihat dari satu calon kandidat? Bagaimana gaya komunikasi yang sesuai agar key message tersampaikan dengan baik? Apa pain points dari komunitas mereka? 

Jangan sampai Anda tidak melakukan research yang mendalam terkait target audience. Kesalahan komunikasi pasti akan berakibat fatal pada hasil dan reaksi publik.

Calon kandidat legislatif harus memiliki citra yang baik selama masa kampanye berlangsung. 

2. Identifikasi Niche Setiap Platform Digital 

Niche atau keunikan setiap platform yang digunakan pasti akan berbeda. Pengguna instagram, twitter, dan tiktok memiliki karakter yang berbeda.

Di instagram dan tiktok orang cenderung menyukai konten secara visual, baik dalam bentuk carousel atau video pendek dengan gaya bahasa yang menarik.

Tetapi, memiliki pandangan yang lebih kritis terhadap suatu permasalahan. Karena yang dinikmati adalah tulisan yang panjang serta orang-orang pun dapat berkomentar dengan bebas. 

Beberapa kali, para tokoh politik tidak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan platform yang digunakan. Sehingga masyarakat pun kadang menyalah artikan maksud dari komunikasi tokoh politik.  

3. Key Message yang Jelas 

“Make America Great Again” salah satu key message yang paling populer di dunia politik. Suka tidak suka key message tersebut berhasil mengantarkan Barack Obama dan Donald Trump menjadi orang nomor satu di Amerika. 

Kata-kata merupakan senjata yang paling ampuh dalam meyakinkan masyarakat. Tentukan key message yang dapat diingat oleh calon pemilih dan dengan key message tersebut menyiratkan semangat, harapan, dan keinginan untuk maju menjadi negara atau daerah yang lebih baik lagi. 

4. Iklan Digital yang Menarik Perhatian 

Manfaatkan digital ads yang disediakan oleh berbagai platform media sosial. Mulai dari Instagram ads, twitter ads, tiktok ads, dan google ads.

Dengan menggunakan ads, Anda dapat menentukan jumlah orang yang harus melihat, berada di daerah mana, di rentang usia berapa, dan memiliki hobi atau kesenangan yang seperti apa.

Besaran budget pun dapat kamu tentukan sesuai dengan kemampuan dan luasnya jangkauan. 

5. Tentukan Desain yang Menarik dan Khas 

Hal yang selalu menjadi perhatian netizen adalah desain yang digunakan dalam politik selalu kaku dan begitu-begitu saja.

Di tahun 2022 hingga 2024 seharusnya hal ini dapat menjadi perhatian para partai politik dan calon kandidat untuk merubah desain menjadi lebih menarik. 

Mengapa hal seperti desain harus diperhatikan? Karena jika secara visual saja tidak menarik bagaimana orang mau membaca dan memahami isi dari pesan yang ingin disampaikan. 

6. Pelajari Strategi Kampanye Lawan

Mempelajari kompetitor tidak hanya berlaku bagi pengusaha yang ingin membuka bisnis saja, tetapi bagi tokoh politik pun research competitor diperlukan.

Bagaimana lawan membuat strategi dan mendapatkan perhatian dari para pemilih. Karena bagaimanapun setiap kandidat pasti saling merebutkan perhatian para netizen agar dapat menyumbangkan suaranya kepada calon legislatif. 

Tidak Mau susah payah? Kekurangan Tim? dan Tidak Mau Ribet dengan trik tips diatas? Hubungi tim redaksi rakyatsulsel, dan Lihat apa yang akan kami lakukan untuk anda !!!

(ucha/raksul)

Editor: Ibnu Huzair - dikutip dari berbagai sumber
  • Bagikan