Bupati Sidrap Hadiri Pengarahan Langsung Presiden Jokowi di Jakarta Bahas Pengendalian Inflasi

  • Bagikan
Bupati Sidrap Dollah Mando bersama Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan beberapa kepala daerah di Sulsel.

SIDRAP, RAKYATSULSEL - Bupati Sidrap Dollah Mando menghadir langsung pengarahan Presiden Joko Widodo di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (29/9) kemarin.

Pengarahan yang membahas pengendalian inflasi ini diikuti seluruh Menteri, Kepala Lembaga, Bupati, Wali Kota, Gubernur, Pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Serta, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam), kepala kepolisian daerah (kapolda), hingga kepala kejaksaan tinggi (kajati).

Pada kesempatan itu, Presiden RI Jokowi mengajak semua pihak untuk kompak dan bersatu dalam menangani inflasi karena saat ini inflasi merupakan momok setiap negara.

"Kalau urusan Covid-19 kita bisa bersama-sama, urusan inflasi ini kita juga harus bersama-sama," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengingatkan jajaran pemerintah di daerah tidak ragu untuk merealisasikan anggaran dana transfer umum dan dana tidak terduga untuk mengendalikan inflasi di daerah.

“Penggunaan anggaran untuk pengendalian inflasi telah memiliki payung hukum yang jelas,” sebutnya.

Jokowi juga meminta jajarannya untuk kerja bersama dalam mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem di tanah air.

Pemerintah Indonesia menargetkan kemiskinan nol persen pada tahun 2024. Data terkait kemiskinan ekstrem sudah ada dan jelas hingga berdasarkan nama dan alamat atau by name, by address sehingga berbagai program penghapusan kemiskinan ekstrem dapat diarahkan kepada sasaran yang tepat.

Selain itu, Jokowi meminta seluruh jajaran terkait untuk menindaklanjuti aksi afirmasi Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan mempercepat realisasi komitmen belanja produk dalam negeri.

Secara khusus, Presiden menekankan untuk membeli produk yang diproduksi oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta koperasi.

Presiden juga mengapresiasi semakin banyaknya produk UMKM dan koperasi yang masuk ke dalam e-katalog.

“Saya minta kepada seluruh kepala daerah agar terus membina UMKM, koperasi yang ada di daerah masing-masing agar berbondong-bondong masuk ke e-katalog,” tutupnya.

  • Bagikan