Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Wali Kota Palopo Ajak Merefleksikan Nilai-nilai Pancasila

  • Bagikan

PALOPO, RAKYATSULSEL - Wali Kota Palopo, Judas Amir bersama unsur Forkopimda dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Palopo melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Pancasila Kota Palopo, Sabtu, (1/10/2022).

Hari Kesaktian Pancasila diperingati Pemerintah Republik Indonesia setiap tahunnya pada 1 Oktober. Peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun ini, mengusung tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila".

Dalam pelaksanaanya, upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan di lapangan Pancasila Kota Palopo, berlangsung khidmat.

Sementara itu, setiap kantor instansi pusat dan daerah dan kantor perwakilan Republik Indonesia (RI) di luar negeri, satuan pendidikan serta seluruh komponen masyarakat diinstruksikan mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2022, kemudian pada 1 Oktober 2022 pukul 06.00 waktu setempat bendera berkibar satu tiang penuh.

Wali Kota Palopo Judas Amir, setelah upacara mengatakan, penting untuk terus merefleksikan nilai-nilai Pancasila sebagai arah kehidupan bangsa.

“Merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan,” ujarnya

Ia mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila perlu dijadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan, untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh dimasa kini dan masa yang akan datang.

Ia menekankan pentingnya pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia (SDM).

Untuk itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila menurutnya, adalah saat yang baik untuk merancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajuan pembangunan dan kemajuan kesejateraan masyarakat.(***)

  • Bagikan