Sekda Gowa Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

  • Bagikan
Peserta Peringatan Hari Jantung Sedunia

GOWA, RAKYATSULSEL - Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina mengajak agar masyarakat mulai menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Imbauan ini menjadi perhatian Kamsina saat membuka Kegiatan World Heart Day dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia yang digelar oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovascular Indonesia (PERKI) Cabang Makassar bekerjasama Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Sulawesi Selatan di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Minggu (2/10).

Kamsina dalam sambutannya mengatakan, penyakit jantung dan pembuluh darah masih menjadi ancaman dunia dan merupakan penyakit yang berperan utama sebagai penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia.

“Sehingga dalam peringatan Hari Jantung Sedunia ini diharapkan masyarakat lebih sadar dan mengerti tentang bahaya dan cara mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah,” ujarnya.

Kamsina menyebutkan, berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lebih dari 17 juta orang di dunia tiap tahunnya meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Sehingga menurutnya, meningkatkan kesadaran tentang penyakit jantung sangat penting tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga untuk orang-orang disekitar.

Lanjut Kamsina, untuk menurunkan beban penyakit jantung dan pembuluh darah di Indonesia tidak hanya tugas salah satu pihak, namun peran serta semua lapisan masyarakat.

“Saat ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama-sama untuk menurunkan insidensi dan beban penyakit kardiovaskular dimulai dari langkah yang sederhana yaitu dengan rutin memeriksakan kesehatan jantung melalui pemeriksaan EKG,” tukasnya.

  • Bagikan