Tragedi Malang Tewaskan 127 Orang, IPW Minta Liga 1 Dihentikan Sementara

  • Bagikan
Suporter Tumpah Ruah ke Lapangan Usai Pertandingan Arema Malang Melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10) Malam

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Tragedi nasional terjadi di lapangan sepak bola. Sebanyak 127 nyawa melayang akibat kericuhan di stadion Kanjuruhan Malang usai tuan rumah Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya di pekan ke-11 liga 1 2022/2023, Sabtu (1/10) malam.

Pengumuman tewasnya ratusan orang meninggal dunia itu disampaikan langsung oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta.

"Dalam kejadian tersebut telah meninggal 127 orang, dua di antaranya anggota Polri," ungkapnya dalam konferensi pers di Malang, Minggu (2/10).

Terkait hal tersebut, Ketua Indonesia Police Watch, Sugeng Teguh Santoso meminta liga 1 atau kompetisi dibawah naungan PSSI dihentikan sementara dengan mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mencabut ijin penyelenggaraan sementara seluruh kompetisi liga yang dilakukan PSSI sebagai bahan evaluasi harkamtibmas.

"Disamping, menganalisa sistem pengamanan yang dilaksanakan oleh aparat kepolisian dalam mengendalikan kericuhan di sepak bola," ujar Sugeng dalam keterangan resmi yang diterima RAKYATSULSEL, Minggu (2/10).

Pasalnya, dia menjelaskan, kericuhan dalam tragedi tragis itu berawal dari kekecewaan suporter tim tuan rumah yang turun ke lapangan tanpa dapat dikendalikan oleh pihak keamanan.

Bahkan, aparat kepolisian yang tidak sebanding dengan jumlah penonton, secara membabi buta menembakkan gas air mata sehingga menimbulkan kepanikan terhadap penonton yang jumlahnya ribuan.

"Akibatnya, banyak penonton yang sulit bernapas dan pingsan. Sehingga, banyak jatuh korban yang terinjak-injak di sekitar Stadion Kanjuruhan Malang," tukasnya

  • Bagikan