Pemkab Gowa Siap Survei Pasar dan Suplai Pasokan, Antisipasi Kenaikan Bahan Pokok Akibat Inflasi

  • Bagikan
Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni

GOWA, RAKYATSULSEL - Mengantisipasi terjadinya lonjakan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Gowa akibat kenaikan inflasi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dibawah instruksi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan akan melakukan dua cara agar bagaimana harga bahan pokok dapat tetap stabil.

Kedua cara tersebut yakni memerintahkan SKPD terkait untuk memantau harga di berbagai pasar. Hingga melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengambil pasokan komoditas bagi daerah lain yang memiliki stok berlebihan.

Menurut Adnan, dengan mengetahui harga dan ketersediaan di lapangan, pihaknya bisa melakukan langkah dan bentuk-bentuk antisipasi lainnya.

"Kondisi inflasi saat ini di Indonesia sudah di angka 5 persen, salah satu yang mengambil peran adalah ketersediaan bahan pokok pada beberapa komoditas. Sehingga peran TPID dan kecamatan terkait sangat dibutuhkan dengan memastikan pasokan dan distribusi bahan pokok tepat sasaran, serta melakukan operasi pasar untuk mengontrol pasokan dari produksi petani," ungkap Adnan, Selasa (4/10).

Dirinya mengaku, Menteri Keuangan telah mengeluarkan aturan agar mengambil dua persen dari DAU dan DBH untuk melakukan pengendalian inflasi.

Sehingga dua langkah ini pun menjadi pilihan, yakni memperbaiki produksi sambil mengecek komoditas lain dan melakukan intervensi pada distribusi dan pasokan dengan bekerjasama daerah lain yang memiliki stok berlebihan.

"Segera Dinas Perdastri, Dinas Ketapang dan Dinas Pertanian kerjasama dengan daerah yang memiliki stok berlebihan, dengan cara membeli dan menyewa mobil untuk pendistribusian ke Gowa dan bagikan ke pasar-pasar yang stoknya kurang atau tidak ada," imbuhnya.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib segera melakukan peninjauan di enam pasar yakni Pasar Bu'rung-Bu'rung Pattallassang, Pasar Minasa Maupa Sombaopu, Pasar Limbung Bajeng, Pasar Malino Tiggimoncong, Pasar Sapaya Bungaya dan Pasar Malakaji Tompobulu.

  • Bagikan