Pandangan Akademisi UIN Soal NasDem Pilih Anies Baswedan

  • Bagikan
Attock Suharto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Nasional Demokrat (NasDem) memutuskan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Deklarasi penyampaian itu, disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat deklarasi di DPP Partai NasDem di Jakarta yang disirakan secara daring, Senin (3/10/2022).

Menanggapi hal ini. Pengamat politik UIN Alauddin Makassar, Attock Suharto menilai, deklarasi Capres oleh partai NasDem adalah momentum perubahan peta politik nasional ke arah lebih baik.

"Ini lebih mencerahkan dan dari segi komunikasi politik maka apa yang dilakukan partai Nasdem sangat luar biasa dan brilyan," katanya, Rabu (5/10/2022).

Kandidat doktor ilmu komunikasi Politik di UIN Alauddin Makassar itu menyebutkan. Peluang Anies setelah diusung NasDem semakin besar dan semakin menguat karena telah memperoleh kendaraan politik.

"Pertimbangan karena Anies dinilai sosok yang memenuhi kriteria capres terbaik, yang mampu membawa Indonesia jauh lebih baik. Yang kedua adalah untuk menghindari begal politik dan kebuntuan politik di akhir," tururnya.

Setelah deklarasi, dia menyarankan agar NasDem dan Anies harus menyiapkan dua hal. Pertama, membangun komunikasi untuk memperkuat koalisi dalam rangka memenuhi kriteria pencalonan.

Dan kedua nasdem harus membangun tim pemenangan yang solid untuk memenangkan capres usungannya. Dimana pengurus NasDem dan Anies membangun konsolidasi internal.

"Juga NasDem bersama Anies sesegera mungkin membangun komunikasi politik untuk menentukan paket calon wakil Presiden pendamping Anies, serta membangun komunikasi win-win solution dalam koalisi nanti," tutupnya. (A)

  • Bagikan