Buka Pekan Religi, Wabup Syahban Jadikan SMP 1 Pangkep Sebagai Role Model Sekolah Religius

  • Bagikan

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana, sebut SMP 1 Pangkajene jadi Role model sekolah religius. Hal tersebut diutarakan Syahban saat hadir melepas kegiatan Pawai Religi, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di UPT SMP Negeri 1 Pangkajene, Sabtu (08/10/2022).

"Apa yang dilakukan sekolah ini sudah sesuai dengan visi misi saya bersama Bupati Pangkep, yang tertuang di dasa cita, kita akan hadirkan sekolah religius, jadi saya rasa SMP 1 Pangkajene, menjadi contoh sekolah religius," tutur Syahban Sammana.

Pemerintah kabupaten Pangkep sendiri akan mencanangkan program desa religius yang tertuang dalam dada cita Pangkep Hebat, dimana setiap kecamatan akan dibentuk desa/ kelurahan religius.

"Kita sudah tentukan, jadi mungkin besok kita ke pulau Balang Lompo resmikan program desa religius, di kecamatan Tupabbiring, jadi nanti ini di setiap kecamatan terdapat satu desa religius," tambah Wakil Bupati Pangkep dua periode tersebut.

Syahban berharap kegiatan islami di tingkat sekolah terus ditanamkan dan khusus di SMP 1 Pangkajene, apa yang dicontohkan tahun ini terus ditingkatkan di tahun berikutnya.

"Ini cara berbeda yang dilakukan SMP 1 , dan harus diapresiasi, kita perlihatkan kepada masyarakat bahwa sekolah kita ini cinta Rasulullah. Ini salah satu cara untuk menyiarkan islam, khususnya hari lahir nabi Muhammad Saw, Saya percaya sama sekolah ini dan jajarannya untuk jadi contoh bagi sekolah lain," Pungkas Syahban.

Kepala UPT SMP Negeri 1 Pangkajene Dr. Mansyur Eppe mengatakan jika pihaknya baru kali ini menggelar peringatan maulid dengan cara berbeda, mengajak siswa siswi untuk keluar sekolah menyiarkan Islam, sambil membangun silaturahmi.

"Ini adalah kekutan besar di sekolah kami, acara ini tidak lepas dari dukungan orang tua siswa, Ini bukti kekompakan, mudah mudahan bisa dicontoh oleh sekolah lain," singkat Mansyur Eppe.

Diketahui Peringatan maulid 1440 Hijriah UPT SMP 1 Pangkajene tahun ini memang digelar berbeda dari tahun sebelumnya, tidak hanya sebatas perayaan maulid tapi pihak sekolah menghadirkan sejumlah kegiatan seperti Pawai Islami, Lomba Religi seperti Tilawah dan Dakwah, yang dikemas lewat kegiatan Pekan Religius dan Berakhlak.

Ketua Panitia Pekan Religi, Yang juga merupakan orang tua siswa Andi Ilham Zainuddin mengaku jika kegiatan keagamaan selama sepekan ini sengaja dilakukan sebagai bentuk lain dalam meneladani sifat sifat Rasulullah.

"Selama sepekan kedepan sekolah akan menggelar lomba, untuk memupuk kecintaan siswa kepada Islam, seperti lomba dakwah hingga tilawah, yang nantinya ini ditutup dengan puncak kegiatan maulid nabi pada 15 Oktober," singkat pria yang akrab disapa AIZ terse

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, UPT SMP Negeri 1 Pangkajene menggelar pekan Religi, kegiatan diawali dengan pawai religi yang dipusatkan di Alun Alun Citramas. Selama sepekan siswa siswi akan mengikuti lomba keagamaan, seperti lomba dakwah/ceramah dan lomba tilawah.

Pekan Religi ini dilepas dan dibuka langsung Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Sabrun Jamil, Kepala UPT SMP Negeri 1 Pangkajene, Dr. Mansyur Eppe dan Ketua Komite Sekolah Aco Paranrangi.(*)

  • Bagikan