Penjaga Tahanan Lapas Muaradua Raih Peringkat II Latsar CPNS Kemenkumham

  • Bagikan
Peserta Latsar, Abdul Ravik

MUARADUA, RAKYATSULSEL - Kepala Lapas Muaradua Kemenkumham Sumsel, Reza Yudhistira Kurniawan mengatakan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lapas Kelas IIB Muaradua, Kemenkumham Sumsel, Abdul Ravik, berhasil meraih peserta terbaik kedua II (dua) pada pelatihan dasar (latsar) Gelombang III ,Golongan II Angkatan 84 Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Latihan tersebut berlangsung selama 40 Hari, mulai 9 Juni hingga 27 September 2022. Kegiatan latsar ditutup secara daring, jumlah pesertanya sebanyak 40 orang. Di mana, 13 orang diantaranya berasal dari CPNS Lapas Muaradua.

Pada Tahun Anggaran 2022, Peserta Latsar CPNS Kemenkumham ini terdiri dari Gelombang I, II dan III. Pesertanya terdiri satuan kerja dari wilayah kerja Badiklat Kemenkumham Kepulauan Riau yang meliputin Kanwil Kemenkumah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Jambi.

Sementara itu, Peserta Latsar, Abdul Ravik mengatakan dalam aktualisasi dirinya mengangkat judul perubahan Monitoring Kontrol Area Blok Hunian Oleh Petugas Jaga Pengamanan Menggunakan E-Trolling di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muaradua.

"Hal itu dibuat untuk memastikan situasi dan kondisi di area Blok Hunian Lapas Muaradua agar selalu aman terkendali meski overcrowded," tukas Abdul Ravik.

Selain itu, kata Ravik, dengan aktualisasi berbasis IT ini diharapkan adanya perubahan perilaku terutama pada petugas jaga yang saat melaksanakan kontrol blok yang sebelumnya tanpa adanya data administratif menjadi ada.

Dimana, kata dia, hal itu menjadi bukti berupa data kapan dan dimana komandan jaga melakukan kontrol Blok hunian yang dapat dimonitoring langsung oleh atasan.

“Pada E-Trolling ini setiap aspirasi/keluhan WBP, seperti WBP sakit bisa segera terdeteksi dan dilakukan tindakan tepat, ketika di beberapa Blok hunian kehabisan air bersih bisa segera ditindaklanjuti," jelasnya.

  • Bagikan