Kerjasama Dengan PSC 119 Luwu PT Masmindo Edukasi Masyarakat Tentang Kegawatdaruratan

  • Bagikan
PT Masmindo Edukasi Masyarakat Tentang Pertolongan Pertama Kegawatdaruratan

LUWU, RAKYATSULSEL - Hari terakhir Pekan UMKM Luwu 2022, Masmindo menggelar Simulasi Penyelamatan Kegawatdaruratan, Minggu,(9/10/2022)

Acara yang digelar di Stand PT Masmindo Dwi Area di Pekan UMKM Luwu ini dipandu oleh Host cantik, Annisa Sabyan, dan menghadirkan Tim PSC yang dipimpin langsung oleh Ketua Harian PSC 119 Luwu, dr. Daud Mustaqim Serta Tim Emergency Response Team milik PT MDA.

Mengawali acara, Annisa menyampaikan kepada seluruh pengunjung yang ikut menyaksikan, bahwa acara ini sengaja digelar untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pertolongan pertama kepada kegawatdaruratan.

"Hari ini kita hadirkan ahlinya untuk memperagakan pertolongan pertama tentang kegawatdaruratan" Ucap Annisa.

Jadi dua Tim ini akan memperagakan dihadapan pengunjung apa saja atau langkah apa yang pertama harus diambil oleh masyarakat ketika melakukan pertolongan pertama terhadap kegawatdaruratan.

Karena belum banyak masyarakat umum (non-medis) yang menguasai tehnik atau praktik tersebut, sehingga saat berhadapan langsung dengan kejadian gawat darurat, seringnya mereka tidak dapat berbuat apa-apa.

"Bagi masyarakat umum atau non-medis, hari ini bisa melihat Apa yang bisa dilakukan saat terjadi kasus gawat darurat medis" ucap Annisa.

Dalam kesempatan itu ketua harian PSC 119 Luwu dr. Daud Mustaqim menyampaikan bahwa PSC itu hadir di Luwu untuk lebih cepat memberikan pelayanan dalam hal kegawatdaruratan dan di ketuanya saat ini adalah Andi Arham Basmin Mattayang.

PSC 119 adalah satu-satunya unit dalam hal kegawatdaruratan dalam hal reaksi cepat yang ada di Indonesia.

"Semua yang terkait dengan kegawatdaruratan itu idealnya menghubungi atau berkomunikasi dengan PSC 119"

Daud Mustaqim menyampaikan khusus untuk di Luwu sementara ini PSC 119 melakukan pertolongan terkait kegawatdaruratan penyelamatan nyawa manusia.

"Tugas utama dari PSC 119 itu adalah membantu dalam hal pertolongan kemanusiaan" ucap Daud Mustaqim.

Yang paling penting dalam penangan kegawatdarurat menurut dr. Daud adalah evakuasi korban karena harus dilakukan dengan profesional dan cepat.

Kenapa pertolongan pertama tentang Gawat Darurat ini harus diketahui oleh masyarakat umum supaya masyarakat nantinya bisa melakukan rangkaian usaha-usaha pertama yang dapat dilakukan pada kondisi gawat darurat untuk menyelamatkan pasien dari kematian.

"Masyarakat umum harus bisa melakukan pertolongan pertama tentang gawat darurat karena kita tidak dapat selalu mengandalkan layanan ambulan atau paramedis untuk segera tiba di lokasi kejadian serta terbatasnya alat dan waktu" kata dr. Daud.

Sehingga menurut dr. Daud pertolongan pertama harus dilakukan sambil menghubungi atau menunggu kedatangan tim medis atau PSC datang di lokasi kejadian.

"Untuk masyarakat Luwu, jika ada kejadian kegawatdaruratan silahkan hubungi PSC 119, karena kami juga Standby 24 jam" ucap dr Daud.

Daud Mustaqim juga menambahkan, diluar daripada itu PSC 119 Luwu juga rutin melaksanakan Bakti Sosial seperti Pengobatan Kesehatan dan Sunnat Massal Gratis.

Sementara itu Manager OHS PT MDA Hary Sukrisno menyampaikan bahwa di Masmindo sendiri saat ini sudah memiliki tim kegawatdaruratan yakni Emergency Response Team.

Saat ini kata Hary, Emergency Response Team melakukan tugasnya di wilayah kontrak karya PT MDA.

"Yang paling utama dalam tim rescue itu adalah kemauan atau niat kemanusiaan untuk menolong" ucap Hary.

Hary juga menyampaikan bahwa prinsip dasarnya dalam pertambangan dalam tim ini adalah bisa menangani lebih cepat dalam menangani atau pertolongan pertama pada kecelakaan atau gawat darurat.

Dalam simulasi tersebut, dipraktikan seorang penonton yang tiba-tiba pingsan ditengah kerumunan.

Kemudian tim memperagakan cara memberikan pertolongan pertama kepada pasien setelah.

Usai diberikan pertolongan pertama tim PSC 119 Luwu kemudian datang dengan kendaraan Ambulance untuk melakukan tindakan yang lebih lanjut. (A)

  • Bagikan