Suplai 25 Persen Kebutuhan Beras Nasional, Sulsel Berada di Peringkat 1

  • Bagikan
Gubernur Sulsel Andi sudirman Sulaiman saat menerima kunjungan Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum BULOG, Mokhamad Suyamto di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel Jalan Sungai Tangka Makassar, Minggu (9/10) (A/Sasa)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Provinsi Sulsel mendapat peringkat satu secara nasional dalam memenuhi kebutuhan beras nasional.

Hal tersebut dibuktikan dengan Sulsel mampu menyediakan 25-30 persen kebutuhan beras nasional dari Bulog baik itu dari kuantum atau jumlah pengadaan maupun penyaluran.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan beras Sulsel telah dikirimkan ke seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua. Beras Sulsel telah disalurkan sekitar 130 ribu ton ke gudang-gudang Bulog.

Sedangkan total stok nasional beras Bulog sekarang sekira 800 ribu. Terkait pengadaan realisasi nasional itu sekira 730 ribu ton dan Sulsel itu mencapai 180 ribu ton.

“Beras untuk kebutuhan masyarakat kami sendiri kami pastikan terpenuhi, selain itu juga menyuplai ke daerah lain di seluruh Indonesia, di mana di daerah lain pada kondisi saat ini menahan berasnya,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Stok beras ini diharapkan akan terus bertambah dengan peningkatan pengadaan beras dari Sulsel. Gubernur sendiri melalui program prioritasnya membagikan benih gratis program Mandiri Benih Pemprov Sulsel. Hasil panen petani meningkat dari 4-5 ton per hektar menjadi 7-8 ton.

“Kami memberikan benih gratis, kualitasnya sangat bagus. Produksinya meningkat 8 ton bahkan ada yang 9 ton,” sebutnya.

  • Bagikan