Kalukku Diterjang Banjir, Wakil Ketua DPRD Sulbar Minta Pemerintah Kucurkan Dana BTT

  • Bagikan
Banjir Bandang di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (11/10)

MAMUJU, RAKYATSULSEL - Sejumlah Wilayah di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diterjang banjir, Selasa (11/10), tak sedikit warga yang saat ini membutuhkan bantuan berupa air bersih, selimut dan makanan siap saji.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sulbar, Hatta Kainang meminta Pemprov Sulbar untuk segera mengucurkan dana Bantuan Tak Terduga (BTT) untuk menangani dampak banjir di Kecamatan Kalukku, Mamuju.

"Pemprov Sulbar melalui BPBD dan dinas sosial harus menggunakan dana BTT yang ada di dalam APBD Sulbar 2022, yang dalam realisasinya masih ada sekitar Rp2,9 miliar," kata Hatta, Rabu, (12/10/22).

Hatta juga mendesak dinas sosial Provinsi Sulbar segera mendirikan dapur umum, serta melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju, penting dilakukan guna penanganan lebih lanjut.

"Desain pascabencana perlu dilakukan dengan berkoordinasi Pemkab, untuk segera mendata kerusakan rumah warga guna dilakukan penanganan lebih lanjut, agar warga yang terkena dampak banjir dapat direhabilitasi rumahnya yang rusak," jelasnya.

Sebagai mitra kerja BPBD, pihaknya memastikan akan tetap melakukan pemantauan terkait banjir di Kecamatan Kalukku. Tindakan cepat dan tepat sangat diperlukan di lokasi bencana. (A)

  • Bagikan