Tetap Optmis Dalam Pusaran Ketidakpastian Ekonomi Global

  • Bagikan
PT. Industri Kapal Indonesia 345

RAKYATSULSEL - Berbagai kebijakan fundamental dan strategis akan anda temukan jika melihat napak tilas PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) dalam kurun dua tahun terakhir.

Sejak semester IItahun 2020, manajemen perusahaan terus menggalakkan perbaikan dan pembenahan secara komprehensif, baik pada lini bisnis, sumber daya manusia, keuangan hingga aspek lingkungan. Berbagai gagasan dibumikan demi menjaga keberlangsungan perusahaan.

Masih segar pula dalam ingatan publik perihal upaya galangan kapal BUMN itu bangkit dari keterpurukan. Di saat pandemi nyaris melumpuhkan sendi-sendi galangan, perusahaan yang juga dikenal dengan nama PT. IKI tersebut, justru meneguhkan keyakinannya untukberani secara bertahapmaju ke kancah global. Keyakinan itu terkristal dalam slogan perusahaan : from east to the world.

PT. Industri Kapal Indonesia 33

Asa yang terkandung dalam slogan perusahaan bukan hal yang tidak realistis. Sejumlah fakta lapangan memungkinkan PT.IKI meraih pencapaian tersebut. Pertama, luas perairan Indonesia yang mencapai 60% mengandung potensi maritim yang melimpah bagi sektor perikanan dan pariwisata. Kedua, 90% perdagangan global dilakukan melalui jalur laut, yang 40% di antaranya melalui perairan Indonesia. Kedua fakta ini memperlihatkan bahwa pemenuhan armada perkapalan dibutuhkan untuk menunjang kegiatan tersebut. 

Fakta lainnya, PT.IKI memiliki unit galangan di Makassar dan Bitung. Kedua galangan tersebut berada tidak jauh dari pelabuhan internasional. Posisi ini menjadi nilai lebih bagi PT.IKI, sebab kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan dapat menghematbiaya bahan bakar apabila hendak docking.

Namun hal di atas tidak akan memberikan dampak positif apabila PT. IKI tidak mempersiapkan diri untuk menyambut peluang tersebut. Oleh karena itu, manajemen PT. IKI terus berupaya meningkatkan kapasitas perusahaan untuk mengeksekusi peluang yang ada.

Hal itu dimulai dengan re-branding perusahaan melalui pergantian logo perusahaan pada tahun 2020 silam.

Momentum itu tidak hanya mengubah simbol perusahaan secara artifisial, melainkan menjadi awal untuk menumbuhkan semangat dan budaya kerja baru yang lebih sehat di lingkungan perusahaan. Logo perusahaan yang baru menyiratkan makna PATH (Planning, Action, Totality, High Result) sebagai lintasan yang mesti dilalui untuk mencapai visi perusahaan. Melalui perencanaan yang cermat, efektif dan inovatif, aksi nyata yang berkesinambungan dengan totalitas dan intergitas tinggi, PT.IKI akan menyuguhkan hasil yang maksimal.

Dengan dukungan para Millenial’s IKI, perusahaan secara perlahan melakukan digitalisasi. Fitur-fitur teknologi dimanfaatkan untuk menunjang operasional perusahaan. Seluruh struktur dalam perusahaan diintegrasikan secara bertahap.

Dalam penyusunan laporan keuangan, PT.IKI mulai menerapkan enterprise resources planning (ERP),yang memang penerapannya butuh waktu karena perlu penyesuaian secara sistem dan bisnis proses.  Selain itu, PT.IKI juga memanjakan pelanggan dengan sistem “GS Pro”. Sistem ini menyiapkan fitur yang memudahkan pemilik kapal untuk memantau progres pelaksanaan docking secara online.

Sebagai industri padat karya, bisnis PT.IKI turut memacu pertumbuhan bagi industri di sektor hulu hingga hilir. Proyek perkapalan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang banyak, mulai dari tenaga kerja ahli hingga non ahli. Juga melibatkan industri rumahan hingga industri berteknologi tinggi.

Oleh karena itu, manajemen perusahaan menyadari kemajuan PT.IKI tidak bisa dicapai tanpa keterlibatan dan dukungan pihak lain.

Kerja sama yang baik dengan vendor, sub-kontraktor, lembaga pembiayaan/perbankan, owner dan owner surveyor merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan ekosistem yang sehat bagi galangan kapal.

  • Bagikan