Dinas Damkar Bagikan Damtor Untuk 15 Kecamatan di Kota Makassar

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyerahkan secara simbolis armada Pemadam Kebakaran Motor (Damtor) untuk 15 kecamatan, Kamis (13/10/2022). (foto: Abu Hamzah/rakyatsulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar melukakan penyerahan Pemadam Kebakaran Motor (Damtor) ke- 153 kelurahan di 15 kecamatan, Kamis (13/10/2022).

Kegiatan yang terlaksana di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar itu, dihadiri Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, para camat dan juga terlihat para relawan untuk penanganan kebakaran di lorong.

Dalam kegiatan tersebut wali kota Makassar menyerahkan Damtor secara simbolik ke perwakilan camat.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menyampaikan bahwa DAMTOR merupakan bantuk nyata perhatian Pemerintah Kota Makassar (Pemkot) terhadap antisipasi dan atensi terhadap kasus kebakaran yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Dia menjelaskan, ada 4 tingkatan yang dilakukan pemkot yaitu, pertama pembagian selimut api, alat semprot pemadam Api, ada PK rong, dan yang terakhir Damtor.

"Damtor ini untuk mengatasi api awal. Dan membantu petugas pemadam kebakaran di intervensi awal sebelum pemadam datang," ungkapnya, Kamis (13/10/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin menyampaikan bahwa penanganan kebakaran oleh unit Damtor merupakan intervensi yang sangat berpengaruh dalam kasus kebakaran.

Pasalnya menit awal kebakaran merupakan momen yang sangat krusial, Damtor akan bergerak untuk melakukan tindakan awal dengan memanfaatkan PK rong sebagai suplai air dan juga membawa air yang sesuai dengan kapasitas tank air Damtor.

"Standar penanganan kebakaran harus di laporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran," ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya Damtor di setiap kelurahan akan menjadi pengaruh besar terhadap intervensi di menit awal kebakaran yang tentunya sangat berharga dalam penanganan kasus kebakaran. (B)

  • Bagikan