Perdosri Kerjasama Perkedwi Webinar Bahas Pelayanan Unggulan Rehabilitasi Medik

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -
Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi (Perdosri) Cabang Sulawesi dan Papua berkerjasama dengan Perkedwi Cabang Jakarta menggelar webinar.

Webinar ini bertajuk "Pelayanan Unggulan Rehabilitasi Medik pada Era Pembangunan Wisata Kesehatan di Indonesia" yang diselenggarakan Kamis, 13 Oktober 2022, pukul 15.00 WIB.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara Ketua Umum PB IDI dr M Adob Khumaini SpOT, Ketua Perkedwi dr Mukti Eka Ramardyan Mph, dr Putro S Muhammad dan Ketua Perdosri Sulawesi Papua Dr Rumaisah Hasan Sp.KFR (K) yang juga ketua MW Forhati Sulsel.

Seperti diketahui, berwisata ke berbagai tempat bertujuan untuk melihat keindahan suatu tempat wisata, mencari spot instagrammable bagi kaum muda, atau mencari tempat kuliner enak di tempat tersebut.  

Saat ini tujuan berwisata bertambah, yaitu untuk tujuan kesehatan. Meski belum terlalu populer, namun wisata kesehatan ini telah menjadi issue yang semakin dilirik dan diseriusi oleh banyak negara dalam kurun waktu satu decade terakhir.

Wisata kesehatan / Health Tourism di negara ASEAN sudah banyak yang sudah berhasil baik. Selain untuk meningkatkan devisa health tourism juga dapat memperkuat hubungan regional negara-negara ASEAN dalam menuju global health tourism

Wisata kesehatan adalah bentuk pariwisata yang berpusat pada kesehatan fisik, serta meningkatkan kesejahteraan mental dan spiritual, dan meningkatkan kapasitas individu untuk memenuhi kebutuhan dan fungsinya menjadi lebih baik bagi lingkungan dan masyarakat.

Apa saja yang dapat disiapkan oleh dokter rehabilitasi medik dalam menyambut masa pembangunan wisata kesehatan di Indonesia? Inilah dibahas dalam kegiatan tersebut.

Dr Rumaisah Hasan menjabarkan jika rehabilitasi medik adalah suatu tim yang terdiri dari dokter SpKFar, terapis fisik. Ini sebagai upaya mengurangi dampak kondisi disabilitas dan memungkinkan kelompok difabel.

Dosen Fakultas Kedokteran Unhas ini menjabarkan pula jika aromaterapi sebagai teknik perawatan tubuh dengan memanfaatkan minyak Atsiri yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.(*)

  • Bagikan