PKN Tingkat II LAN Resmi Ditutup

  • Bagikan
Suasana Penutupan PKN LAN Antang

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan X Tahun 2022 yang diselenggarakan Puslatbang KMP LAN. Kegiatan ini dilaksanakan di di Auditorium Hasanuddin Puslatbang KMP Makassar, Kamis (13/10) lalu.

Kepala LAN Adi Suryanto dalam sambutannya menyampaikan, untuk menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Banyak yang bisa menjadi pejabat tetapi tidak semua pejabat bisa menjadi pemimpin.

"Kriteria seorang pemimpin adalah salah satunya mampu menggerakkan dan memotivasi bawahan di lingkungan kerjanya untuk berubah atau membuat perubahan serta menyebarkan virus-virus perubahan," papar Adi Suryanto, Minggu (16/10).

Selain itu, lanjutnya, seorang pemimpin perubahan bisa dilihat dari gaya kepemimpinannya yang berkharisma dan mempunyai tutur kata dan kepribadian yang baik karena akan menjadi acuan bagi stafnya.

Adi Suryanto juga mengapresiasi prestasi kualifikasi kelulusan yang diperoleh oleh seluruh peserta dan berharap apa yang diperoleh pada seluruh proses pembelajaran selama pelatihan dapat menjadi bekal untuk menjadi seorang pemimpin perubahan.

Adapun acara penutupan diawali pembacaan policy brief oleh Andi Muhammad Arsjad yang hasilnya langsung diserahkan ke Kepala LAN RI.

Policy brief berisi kegiatan visitasi kepemimpinan nasional secara klasikal dengan lokus Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Gunung Kidul.

Kegiatan visitasi ini telah melahirkan produk pembelajaran berupa lesson learnt individu, policy brief dan dokumentasi lesson learnt kelompok yang telah dipromosikan di media sosial.

  • Bagikan