Bapemperda DPRD Parepare Terima Audiensi Panitia Eksplore Legislasi Fakshi IAIN Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL— Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Parepare menerima kunjungan Panitia pelaksana kegiatan Eksplore Legislasi Rancangan Peraturan Daerah Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, di Ruangan Bapemperda DPRD Parepare, Senin (17/10/2022).

Kunjungan kedua panitia itu merupakan kali kedua, namun kali ini diterima langsung 4 Anggota Bapemperda antara lain Rahmat Sjamsu Alam (Demokrat), Satriya (PDIP), Andi Muh. Fudail (PKB), dan Suyuti (Nasdem).

Dalam kesempatan itu, salah seorang anggota Bapemperda, Satriya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Eksplore Legislasi tersebut.

“Ini sangat bagus, karena mahasiswa dilibatkan secara langsung, segera kita agendakan. Ke depannya juga jika memungkinkan mahasiswa kita ikutkan untuk menyaksikan rapat paripurna pembahasan Ranperda,” sambutnya.

Sementara Suyuti yang juga selaku anggota Bapemperda sempat menyebut pentingnya mahasiswa untuk datang ke DPRD.

“Mahasiswa kan pelanjut estafet, siapa tau kalau datang di sini, banyak yang termotivasi jadi legislator, yaa pulang-pulang langsung maccaleg,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rusdianto S, didampingi Dirga Achmad selaku sekretaris panitia, mengatakan Kegiatan eksplore legislasi tersebut merupakan program kerja Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam sebagai salah satu kegiatan yang menunjang kemampuan praktek mahasiswa yang notabene telah memahami secara teoritis dan konseptual tentang teknik pembentukan peraturan perundang-undangan secara umum.

“Maksud kegiatan ini, tidak lain daripada tindak lanjut dari mata kuliah legal drafting yang telah mereka pelajari di kampus, sehingga saatnya mereka dibawa keluar untuk menyaksikan secara langsung proses pembentukan peraturan daerah,” imbuhnya. (*)

  • Bagikan