Indonesia Tetap Tuan Rumah PD U-20

  • Bagikan
Logo Piala Dunia U-20, Indonesia 2023

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Indonesia dipastikan tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung pada 2023 mendatang.

Bahkan, Pemerintah Indonesia juga sudah memberikan garansi bahwa pelaksanaan yang berlangsung di Tanah Air dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Hal itu menjadi salah satu kesepakatan yang dihasilkan saat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

“Semua segi persiapan (Piala Dunia U-20) sampai pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai standard FIFA dan ditangani secara baik dan profesional,” kata Jokowi dalam keterangan pers bersama Infantino selepas pertemuan.

Pernyataan tersebut semakin menegaskan bahwa Indonesia akan tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, setelah sempat muncul kekhawatiran risiko pembatalan buntut Tragedi Kanjuruhan yang terjadi 1 Oktober lalu.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 berdasarkan rapat Dewan FIFA di Shanghai, Tiongkok, pada 24 Oktober 2019. Sayangnya, ajang tersebut harus mengalami penundaan selama dua tahun lewat keputusan pada 24 Desember 2020 karena situasi pandemi Covid-19 yang tengah mengalami lonjakan.

Dalam kesempatan yang sama, Infantino mengamini pernyataan Jokowi terkait kesiapan FIFA bahu membahu bersama Indonesia memastikan kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

Infantino menegaskan bahwa setelah Piala Dunia senior, yang edisi 2022 bakal digelar di Qatar mulai November nanti, Piala Dunia U-20 merupakan kompetisi sepak bola putra paling bergengsi berikutnya.

“Pemain-pemain terbaik dari seluruh dunia akan datang ke sini dan memancarkan sinar serta bakat mereka dari Indonesia ke seluruh penjuru dunia,” katanya.

  • Bagikan