Inilah 3 Tips untuk Menurunkan Panas Saat Anak Demam

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Selain memberikan obat medis yang sudah diresepkan dokter, ada cara alami yang bisa dilakukan orang tua untuk menurunkan panas anak. Cara mengatasi demam pada bayi maupun anak di bawah ini merupakan obat alami atau perawatan rumahan.

Maka dari itu, penting diketahui orang tua sebagai pertolongan pertama menurunkan demam atau panas anak.

Kompres handuk atau plester

Sebetulnya kompres dilakukan untuk meredam suhu panas di permukaan kulit dan membuat anak lebih nyaman saat beristirahat.

Kamu bisa mengompres anak dengan handuk yang dibasahi air biasa atau suam-suam kukur sekitar 32.2-35°C. Cara atau obat alami ini kerap membantu menurunkan demam anak.

Hindari penggunaan air dingin karena dapat menyebabkan anak menjadi kedinginan yang membuat suhu tubuh pun naik.

Menjaga asupan cairan anak

Mendorong untuk lebih banyak minum merupakan obat alami serta cara mengatasi demam pada anak yang sederhana tapi sangat penting untuk dilakukan. Ketika temperatur tubuh naik, si kecil dapat lebih cepat kehilangan cairan tubuh. Jadi kamu perlu terus memberikan anak air mineral untuk mencegah terjadinya tanda dehidrasi.

Selain air mineral, kamu juga bisa memberikan sup ayam, oralit, dan minuman rehidrasi lain yang tersedia di toko atau apotek.

Memakaikan baju yang nyaman

Kamu dapat memakaikan baju yang lembut dan nyaman digunakan. Hindari untuk menyelimuti si kecil secara berlebihan ketika merasa kedinginan.

Hal ini dapat menghambat panas dalam tubuh untuk keluar, sehingga menyebabkan suhu tubuh kembali naik. (GenPi/Raksul)

  • Bagikan