Bawa Pulang 5 Gelar, Sulsel Perbaiki Peringkat pada MTQ Nasional XXIX di Kalsel

  • Bagikan

Wilayah

Bawa Pulang 5 Gelar, Sulsel Perbaiki Peringkat pada MTQ Nasional Ke-29 di Kalsel

KALSEL,RAKYATSULSEL -  Gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Ke-29 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi ditutup oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi pada Selasa 18 Oktober 2022 malam, dengan menobatkan Provinsi Jawa Timur sebagai juara umum.

Pada event 2 tahunan yang dihelat di Kab. Banjar Kalsel ini, kafilah Sulawesi Selatan belum mampu menembus peringkat 10 besar, namun dengan raihan 5 gelar, sudah cukup untuk mendongkrak peringkat Sulsel dari posisi sebelumnya 2 tahun lalu.

Diketahui, dari keputusan yang dibacakan Ketua Dewan Hakim, Said Agil Husin Al-Munawar, Sulsel meraih posisi terbaik 2 pada cabang tahfidz 30 juz putri atas nama Muslihah Jamaluddin asal Kab. Bone.

Selain itu, terdapat 3 posisi terbaik 3 yang dipersembahkan kafilah Sulsel, diantaranya tahfidz 20 juz putri atas nama Nur Fadilah asal Kab. Pangkep, tafsir bahasa Arab putri atas nama Nurfaizah Jamaluddin dari Kab. Bone dan tafsir bahasa Arab putra atas nama Rayhan Syamil asal Kab. Pinrang.

Adapun Muhammad Ihsan Mubarak asal Kota Makassar meraih juara harapan 3 pada cabang tafsir Bahasa Indonesia.

Capaian 1 perak, 3 perunggu dan 1 juara harapan 3 sudah cukup  untuk mengangkat peringakat Sulsel dua tingkat dari posisi sebelumnya, yakni dari urutan ke 13 pada MTQ ke-28 di Padang Sumatra Barat tahun 2020, ke peringkat 11 pada MTQ ke-29 di Kalsel.

Meskipun telah dijanjikan bonus sebesar Rp. 250 juta oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman untuk setiap "keping emas" yang diraih, namun 54 orang peserta yang mengikuti seluruh cabang lomba di MTQ Kalsel ini belum mampu membawa Sulsel menembus 10 besar.

"Tentunya ini menjadi PR bagi kita dan LPTQ Sulsel.. Target masuk 5 besar seperti harapan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman pada pembukaan MTQ Provinsi di Bone Agustus lalu belum bisa kita wujudkan," ujar Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Abdul Gaffar di Makassar, Kamis 20 Oktober 2022.

Dikatakan Abdul Gaffar, Sulsel sudah 10 tahun tidak masuk peringkat 10 besar sejak MTQ XXIV di Ambon, Maluku tahun 2012 lalu.

"Dari data yang ada, Sulsel terakhir masuk 10 besar pada MTQ XXIII di Bengkulu tahun 2010, dimana Sulsel berada di urutan ketujuh. Tentu kita berharap prestasi ini dapat kita ulangi bahkan lebih ditingkatkan lagi," harapnya.

Berikut daftar peringkat MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 di Kalsel:
1. Jawa Timur (87).
2. DKI Jakarta (66).
3. Kalimantan Selatan (62).
4. Jawa Barat (43).
5. Sumatera Barat (35).
6. Sumatera Utara (22).
7. Kepulauan Riau (20).
8. Sumatera Selatan dan Aceh (12)
9. Jambi (8).
10. Jawa Tengah (7).
11. Sulawesi Selatan dan Kalimantan Tengah. (*/

  • Bagikan