Jateng Expo 2022, Dekranasda Sulsel Dekranasda Jateng Teken MoU

  • Bagikan
Ketua Dekranasda Sulsel Naoemi Octarina (baju putih) saat mengunjungi tenant di Jateng Expo 2022 yang berlangsung di Atrium Mall Phinisi Point Kota Makassar, Jumat (21/10). (A/Sasa)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel Naoemi Octarina menghadiri kegiatan Dekranasda UKM Jateng Expo 2022 bertajuk Jateng Goes To Sulsel yang digelar di Atrium Mall Phinisi Point Kota Makassar.

Kegiatan ini digelar oleh Dekranasda Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 21-23 Oktober 2022.

Expo ini menghadirkan sebanyak 45 tenant yang terdiri dari produk-produk unggulan mulai dari fashion seperti kain, baju, sepatu, sandal, tas, kemudian aksesories dari limbah, batu-batuan hingga kopi.

Tak hanya tenant dari Dekranasda Jawa Tengah saja yang dipamerkan tapi ada juga tenant-tenant dari Dekranasda Sulsel.

Naoemi Octarina mengapresiasi giat Jateng Expo 2022 ini. Pasalnya, Ia menyebut saat ini bagaimana UMKM didorong untuk dapat berkembang di masa perekonomian yang baru bertumbuh setelah dilanda pandemi Covid-19.

"Iya ini momennya tepat sekali. Bagaimana kita menunjang UMKM untuk berkembang di masa perekonomian yg baru-baru tumbuh dan harus kita tingkatkan menghadapi inflasi," ungkapnya Jumat (21/10).

Pada kesempatan tersebut, Dekranasda Sulsel bersama Dekranasda Jawa Tengah telah melakukan 6 penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) diantaranya mengenai Pengembangan Kopi seperti Pengembangan pendidikan antara Directur CCTC Surakarta dengan Direktur Politeknik Negeri Pertanian Pangkep.

Alih teknologi, pengembangan budidaya kopi serta informasi pasar antara Ketua Klaster Kopi Temanggung dengan Direktur PT Sulotco Jaya Abadi Toraja.

Kesepakatan pasokan, harga dan standar mutu kopi antara Koperasi Prima Jaya Temanggung dengan Koputra Kopi Tana Toraja.

Maka dari itu, Dirinya berharap dengan adanya giat ini, Dekranasda Jateng dan Dekranasda Sulsel dapat menjalin kerja yang nantinya dapat sama-sama saling belajar meningkatkan perekonomian khususnya UMKM.

"Kita Bisa tindaklanjuti lagi, kami bisa mengekspansi ke sana juga, kemudian saling belajar, sharing untuk bagaimana sama-sama meningkatkan perekonomian terutama memajukan UMKM, memasarkan produk, mempromosikan," terangnya.

  • Bagikan