Makassar Tuan Rumah Rakernis Apeksi 2022

  • Bagikan
NDRAABRIYANTO/RAKYATSULSEL/D PAPARKAN RAKERNIS APEKSI 2022. Sekretaris Daerah Kota Makassar, M Ansar mengunjungi kantor Harian Rakyat Sulsel di Jl. Sultan Alauddin Makssar, Jumat (21/10/2022). Kedatangannya mengisi program podcast membahas Makassar Investment Forum 2022 di Kota Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muh Ansar mengisi program podcast Blak-blakan di Kantor Redaksi Harian Rakyat Sulsel, Jumat (21/10/2022).

Pada kesempatan itu, Ansar memaparkan terkait Kota Makassar menjadi tuan rumah Rapat Kerja Teknis (Rakernis) nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2022 di Kota Makassar dengan tema "Otonomi Fiskal, Investasi dan Kemandirian Kota.

Ansar membeberkan, Rakernis ini akan membahas empat isu penting dan strategis untuk menjadi prioritas utama, yaitu kebangkitan ekonomi, kelengkapan dan penguatan regulasi, suksesi kepemimpinan di daerah, infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan.

"Kegiatan ini akan terselengara selama tiga hari dan terbagi menjadi 3 forum. Tanggalnya mulai 7 hingga 9 November 2022 mendatang," tuturnya.

Ansar melanjutkan, pada forum pertama, Senin (7/11/2022) akan membahas tentang otonomi fiskal dan kemandirian kota. Pembahsan ini, kata dia, agar dapat menjadi acuan untuk Kabupaten/Kota mewujudkan daerah yang mandiri.

"Ini akan membahas bagaimana kebangkitan ekonomi di daerah, kemudian bagaimana kelengkapan penguatan regulasi, serta pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Daerah harus bisa mandiri demi kelancaran pembangunan agar tidak terlalu bergantung pada transfer dana dari pusat," terangnya.

Untuk forum kedua, Selasa (8/11/2022), akan dibahas bagaimana mendorong kesempatan investasi sektor infarstruktur dan maritim di Kota se-Indonesia.

  • Bagikan