Ramuan Herbal Alami Ampuh Menurunkan Demam pada Anak

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Praktisi kesehatan dr. Zaidul Akbar membagikan resep herbal untuk menurunkan demam pada anak.

Hal tersebut diungkapkan dokter yang juga menjadi pendakwah dalam keterangan yang dikutip dari buku Resep Sehat JSR: 200 Resep Menyehatkan dr. Zaidul Akbar terbitan tahun 2021.
Tak dimungkiri, saat menderita demam, hal tersebut membuat anak akan menjadi rewel dan akan membuat orang tua merasa waswas.

Selain penggunaan obat, demam pada anak sebenarnya dapat dibantu diturunkan dengan ramuan herbal sederhana yang terbuat dari bahan yang umumnya selalu ada di dapur. Menurut dr. Zaidul Akbar, adapun bahan yang dibutuhkan yaitu cukup satu bahan dapur sederhana berupa kunyit yang ditambah dengan madu.

Kunyit merupakan jenis rimpang dengan berbagai kandungan dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dokter Zaidul Akbar menyebutkan, nutrisi yang terkandung dalam bumbu dapur yang sering digunakan sebagai pewarna kuning alami ini antara lain kurkumin, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, khasiat kunyit antara lain bagus untuk digunakan sebagai obat penurun demam anak, menurunkan tekanan darah, obat malaria, meredakan rematik, serta sebagai antiradang.

Berikut ramuan herbal untuk menurunkan demam pada anak:

  • Kunyit seukuran jari kelingking orang dewasa
  • Madu secukupnya
  • Air secukupnya.
    Cara membuat ramuan penurun demam pada Anak:
  1. Campurkan kunyit dengan air lalu blender hingga halus. 2. Diamkan hingga larutan kunyit mengendap.
  2. Ambil sari larutan kunyit (bagian yang jernih), kemudian tambahkan madu secukupnya.
  3. Hidangkan ramuan ini pada anak sebanyak 1-2 kali sehari. Selain itu, untuk membantu menurunkan demam, kompres anak dengan air hangat pada selangkangan dan ketiak. (GenPi/Raksul)
  • Bagikan