Teman Bus Resmi Bertarif

  • Bagikan
Teman Bus

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Layanan By The Service Teman Bus Trans Mamminasata resmi berbayar mulai 31 Oktober 2022 mendatang.

Penetapan berbayar tersebut juga serentak di sembilan kota lainnya yakni Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Banyumas, Surakarta, Medan, Banjarmasin, Denpasar dan Bandung.

Untuk Layanan By The Service Teman Bus yang tersebar di 10 Kota di Indonesia memiliki tarif yang beragam mulai dari Rp3.600 hingga Rp6.300. Salah satunya di Kota Makassar ditetapkan tarif Rp4.600 perorang untuk seluruh rute.

Penetapan tarif tersebut, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 138 Tahun 2022 mengenai Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Bersifat Volatil Atas Layanan Angkutan Perkotaan Dengan Skema Pembelian Layanan (Buy The Service).

Untuk jenis pembayaran pada Layanan By The Service Teman Bus Trans Mamminasata ini nantinya akan menggunakan sistem pembayaran non tunai.

Kepala UPT Trans Mamminasata Dishub Sulsel Andi Nurdiyana mengatakan jenis pembayaran non tunai pada Layanan By The Service Teman Bus Trans Mamminasata ini akan menggunakan kartu elektronik ataupun melalui aplikasi "Teman Bus".

Adapun kartu elektronik yang dapat digunakan yakni e-money, flazz, tap cash dan brizzi yang tentunya telah berisi saldo. Sedangkan untuk melalui aplikasi dapat menekan pada perangkat bertuliskan "Tap on Bus".

Nurdiyana menyebut kartu-kartu elektronik tersebut dapat diperoleh atau pun untuk mengisi saldo dapat di mini market.

"Jadi ini untuk membayar melalui kartu non tunai saja atau melalui aplikasi saja. Pembayaran secara non tunai ini menggunakan kartu elektronik, yang bisa didapatkan di Alfamart atau indomaret," ujarnya Rabu (26/10).

Lanjut, Ia menyebut untuk saat ini alat yang akan digunakan untuk pembayaran didalam bus nantinya belum tiba di Kota Makassar. Namun, berdasarkan informasi yang diterimanya dari operator, alat pembayaran tersebut akan mulai dipasang pada H-4 sebelum penerapan pembayaran berlaku.

"Menjelang penetapan tarif, sampai saat ini belum tiba artinya belum ada dan belum dipasang di bus. Tapi informasi yang kami dapatkan pemeberlakuan tarif di tanggal 31 oktober pada H-4 itu alat akan dipasang," terangnya.

Sementara itu, untuk sosialisasi mengenai diberlakukannya tarif Layanan Teman Bus Trans Mamminasata ini, Nurdiyana mengaku pihaknya akan melakukan sosialisasi selama seminggu yang dimulai pada tanggal 31 Oktober 2022.

"Saat ini belum melakukan sosialisasi, Inshaallah hari senin ini (31 oktober) selama 6 hari kami akan sosialisasikan ke sekolah-sekolah.

Selain sosialisasi secara langsung, Nurdiyana menyebut pihaknya akan melakukan sosialisasi dikalangan masyarakat umum hingga melalui media sosial.

"Setelah tgl 31 oktober ada sosialisasi kami laksanakan. Selain itu kami jugaa melalui Instagram, website teman bus," pungkasnya.

Teman Bus Trans Mamminasata melayani 4 daerah di wilayah aglomerasi Mamminasata yakni Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa) dan Takalar. Dengan armada sebanyak 87 unit yang melayani di 4 kabupaten/kota tersebut dengan 4 koridor

Adapun koridor-koridor Bus Trans Mamminasata yakni Koridor 1 yaitu Panakkukang Square-Galesong. Koridor 2 yaitu Mal Panakkukang-Bandara Sultan Hasanuddin. Koridor 3 yaitu Kampus 2 PNUP-Kampus 2 PIP. Koridor 4 Panakkukang Square -Kampus UIN Samata-Kampus Fakultas Teknik Unhas Gowa. (Sasa/Raksul/B)

  • Bagikan