Resmi Bertarif, Pembayaran Teman Bus Pakai QRIS

  • Bagikan
Teman Bus

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Layanan By The Service Teman Bus Trans Mamminasata resmi berbayar mulai hari ini tanggal 31 Oktober 2022.

Penetapan berbayar tersebut juga serentak di sembilan kota lainnya yakni Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Banyumas, Surakarta, Medan, Banjarmasin, Denpasar dan Bandung.

Diketahui, penetapan tarif tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 138 Tahun 2022 mengenai Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Bersifat Volatil Atas Layanan Angkutan Perkotaan Dengan Skema Pembelian Layanan (Buy The Service).

Untuk Layanan By The Service Teman Bus yang tersebar di sepuluh Kota di Indonesia memiliki tarif yang beragam mulai dari Rp3.600 hingga Rp6.300. Salah satunya di Kota Makassar ditetapkan tarif Rp4.600 per orang untuk seluruh rute.

Kepala UPT Trans Mamminasata Dishub Sulsel Andi Nurdiyana mengatakan pembayaran teman bus mamminasata menggunakan sistem pembayaran non tunai. Di mana, ada dua metode yang diterapkan yakni menggunakan kartu elektronik dan e-wallet atau m-banking.

Adapun kartu elektronik seperti e-money, flazz, tap cash dan brizzi dengan cara menempelkan kartu pada alat Tap On Bus (TOB) Teman Bus, sedangkan untuk e-wallet menggunakan pembayaran QRIS dengan cara scan barcode pada pintu masuk bus.

  • Bagikan