54 Tahun Berkontribusi Membangun Indonesia Timur

  • Bagikan
GM Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa Muhammad Said Chalik, Terus Membangun Indonesia Timur

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Produsen semen terbesar di kawasan Indonesia Timur, yakni PT Semen Tonasa telah memasuki usia ke 54 tahun. Selama itu pula, PT Semen Tonasa telah berkontribusi dalam pembangunan nasional, terkhusus di Sulawesi Selatan sendiri.

Untuk menjaga pengembangan kualitas produk, GM Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa Muhammad Said Chalik mengatakan, pihaknya telah berkomitmen bahwa menjaga kualitas produk menjadi sebuah keharusan dalam perusahaan tersebut.

"Bagi Semen Tonasa, menjaga kualitas produk baik klinker maupun semen agar tetap baik dan berada di atas SNI, adalah sebuah keharusan," ungkapnya, Selasa (1/10/2022).

Tak hanya kualitas, Said Chalik mengatakan PT Semen Tonasa terus berupaya melakukan inovasi-inovasi dalam menciptakan semen yang ramah lingkungan.

Diantaranya dengan menurunkan indeks klinker, menurunkan indeks batu bara, meningkatkan Thermal Subtitution Rate, meningkatkan penggunaan bahan bakar alternatif, implementasi manajemen energi berbasis ISO 50001:2018, strategi bauran listrik, penggunaan PLTS, dan optimalisasi total productive maintenance di perusahaan.

"Inovasi itu sudah menjadi budaya di Semen Tonasa. Setiap karyawan diwajibkan untuk berinovasi setidaknya satu kali dalam setahun. Dan ini menjadi KPI di level band 3," ujarnya.

Lanjut, Said Chalik mengatakan, dalam menjaga kepercayaan masyarakat khususnya konsumen, tentunya PT Semen Tonasa melakukan optimalisasi dari sisi kualitas. Apalagi, Semen Tonasa terkenal sejak dahulu hingga sekarang sebagai produsen semen yang memiliki kualitas premium.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya proyek besar pemerintah yang dibangun dengan menggunakan bahan semen dari PT Semen Tonasa yang berdiri kokoh hingga saat ini.

"Ada ribuan mungkin maha karya proyek besar pemerintah yang dibangun dengan Semen Tonasa dan masih kita lihat sampai sekarang," ucapnya.

Tak hanya itu pihaknya juga berusaha menjamin agar seluruh produk diterima oleh konsumen secara tepat waktu. Dengan menggunakan sistem Supplai Chain Management juga sudah menggunakan teknologi, termasuk GPS.

Sehingga, distributor pun bisa melihat langsung pergerakan angkutan-angkutan semennya dari pabrik sampai ke gudang distributor atau gudang toko.

Di usia PT Semen Tonasa ke 54 tahun ini, diharapkan dapat semakin sukses kedepannya, dapat mewujudkan visi PT Semen Tonasa menjadi perusahaan produsen semen terkemuka di Indonesia yang efisien dan berwawasan lingkungan.

"Serta dapat menjadi perusahaan yang dapat berkontribusi bagi masyarakat dan pembangunan di Indonesia. Semen Tonasa dapat semakin memberikan kontribusi bagi masyarakat dan pembangunan di Indonesia, khususnya di Kawasan Indonesia Timur," pungkas Said. (Sasa/Raksul/E)

  • Bagikan