Penderita Hipertensi Wajib Hindari 3 Kebiasaan Ini!

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Penderita darah tinggi pada umumnya memiliki beberapa pantangan yang harus dipatuhi sebagai upaya untuk mencegah tekanan darah tinggi agar kondisi tidak berakhir memburuk. Berikut ini juga termasuk hal-hal yang menjadi kebiasaan dan harus dihindari oleh para penderita darah tinggi.

1. Tidak membatasi asupan karbohidrat,daging, dan lemak

Asupan karbohidrat, daging, atau lemak yang terlalu berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan, khususnya penderita hipertensi. Hal tersebut dapat memicu obesitas yang sangat berpengaruh pada tekanan darah tinggi.

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan tekanan darah lebih tinggi, karena berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Kurang mengonsumsi buah-buahan dan sayuran

Khasiat buah-buahan dan sayuran yang melimpah sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga dapat membantu mengatasi ragam masalah kesehatan.

Kalium merupakan salah satu kandungan dalam buah dan sayuran yang dapat membantu menurunkan darah tinggi. Beberapa buah-buahan dan sayuran kaya kalium yang bisa jadi rekomendasi ialah, pisang, melon, jeruk, aprikot, alpukat, tomat, sayuran hijau, kentang dan ubi jalar.

3. Tidak rutin beraktivitas fisik

Aktivitas fisik pun berkaitan erat dengan kondisi tubuh penderita darah tinggi. Pasalnya, aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 5 sampai 8 mm Hg. Jika tidak rutin melakukannya, maka tekanan darah akan sulit menurun. Rangkaian olahraga sederhana yang bisa mudah dicoba adalah latihan aerobik, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, dan berenang. (GenPi/Raksul)

  • Bagikan