Azikin Solthan Dorong Akselerasi Ekspor Komoditi Pertanian

  • Bagikan
Anggota Komisi IV DPR RI, Azikin Solthan menghadiri dan membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Akselerasi Ekspor Komoditi Pertanian di Hotel Kirei, Kecamatan Bantaeng.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Anggota Komisi IV DPR RI, Azikin Solthan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Akselerasi Ekspor Komoditi Pertanian di Hotel Kirei, Kecamatan Bantaeng, Kamis (3/11).

Kepala BBKP Makassar, Lutfie Natsir mengatakan Bimtek kali ini dilaksanakan berkat support dan dukungan penuh dari Azikin Solthan.

"Pak Azikin menaruh banyak perhatian untuk pengembangan komoditi ekspor di Sulawesi Selatan. Kami banyak konsultasi dan ingin kopi Bantaeng juga dapat dinikmati di mancanegara. Kami sudah rasakan kopinya dan enak," kata dia.

Luthfie mengungkapkan, terdapat 33 negara tujuan ekspor. Namun, setelah diteliti, konsumsi kopi di skala lokal juga meningkat terlihat dari tumbuhnya warung - warung kopi.

"Komoditi ini tentu membutuhkan dukungan kita semua dalam membimbing ekspor kopi ke luar negeri," kata dia.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI, Azikin Solthan mengatakan dengan kualitas kopi yang bagus, petani Bantaeng mampu bersaing di tingkat nasional. Hal itu telah dibuktikan oleh Azikin di Senayan. Kopi asal Bantaeng sangat disukai di sana.

"Kopi Bantaeng itu kualitasnya bagus. Ini yang akan kita dorong, mengingat ekspor Bantaeng yang masih relatif rendah," kata dia. (Jet)

  • Bagikan