6 Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Muda. Nomor 4 Jarang di Ketahui

  • Bagikan
manfaat air kelapa muda 34

RAKYATSULSEL - Ada berbagai minuman pelepas dahaga yang bisa Anda konsumsi. Salah satu yang menjadi kesukaan banyak orang ialah air kelapa muda.

Air kelapa muda merupakan salah satu minuman paling bergizi yang tersedia bagi kita.

Air bergizi inilah yang matang dan membentuk daging kelapa dari waktu ke waktu. Air kelapa yang lembut adalah cairannya dan bukan santannya.

Kandungan air kelapa tergantung pada umur dan jenis kelapa, tetapi rata-rata kelapa muda berumur lima sampai tujuh bulan dan mengandung sekitar 500-750 mL air kelapa yang menyegarkan.

Rutin minum air kelapa muda ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Pharmeasy.in.

1. Tekanan darah

Hasil beberapa penelitian menyatakan bahwa air kelapa muda berpotensi membantu menurunkan tekanan sistolik. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Bhagya et al.

terlihat bahwa air kelapa muda, bila dikonsumsi secara teratur bisa menurunkan tekanan darah sistolik, tetapi tidak menurunkan tekanan darah diastolik.

Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efek air kelapa muda bagi kesehatan manusia.

Kondisi seperti tekanan darah serius dan harus didiagnosis dan diobati dengan benar oleh dokter.

2. Kolesterol darah

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa muda bisa membantu menurunkan kadar lipid dalam darah. Efek potensial ini bisa dilihat sebagai pengurangan LDL (lipoprotein densitas rendah), trigliserida dan HDL (lipoprotein densitas tinggi).

3. Mengatasi rasa sakit dan peradangan

Dalam penelitian pada hewan, terlihat bahwa air kelapa muda berpotensi mengurangi peradangan (reaksi tubuh terhadap agen eksternal) dan rasa sakit.

Ini mungkin karena adanya kandungan nutrisi yang tinggi dalam air kelapa.

Dihipotesiskan bahwa aktivitas air kelapa ini mungkin karena aksi potensialnya mengganggu senyawa (prostaglandin) yang bertanggung jawab atas rasa sakit dan peradangan.

  • Bagikan