Rakernis Apeksi: 69 Kota Siap Hadir di Makassar

  • Bagikan
Rakernis Apeksi di Makassar, 7-9 November 2022

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Makassar Investment Forum (MIF) digelar 7-9 November 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Four Poin by Sheraton.

Agenda ini mengambil tema Otonomi Fiskal, Investasi, dan Kemandirian Kota. Informasi yang diperoleh, 69 kota seluruh Indonesia siap hadir di Kota Makassar. Rinciannya, 44 walikota dan sisanya Sekertaris Daerah (Sekda).

Empat isu yang akan dibahas dalam Rekernis kali yaitu Kebangkitan Ekonomi, Kelengkapan dan Penguatan Regulasi, Suksesi Kepemimpinan di Daerah, serta Infrastruktur dan Pembangunan Berkelanjutan.

Tujuan Pelaksanaan Rakernis Nasional Apeksi Tahun 2022 adalah untuk mendapatkan dan mendiskusikan kebijakan terkini dari Pemerintah Pusat.

Utamanya, isu strategis yang berkembang dan dialami pemerintah kota saat ini. Seperti, Dampak UU HKPD, Penyelesaian Tenaga Honorer, ASN, PPPK, Penganggaran Pilkada Serentak.

Kemudian, sebagai wadah koordinasi Sekertaris Daerah (Sekda) Seluruh Kota di Indonesia dalam upaya horizontal Learning dalam berbagai pengalaman dan pengetahuan.

Serta mengoptimalkan wadah promosi dan penguatan kolaborasi serta sinergi pemerintah kota dengan para pemangku kepentingan, mitra pembangunan dan pihak swasta dalam kegiatan pameran.

Diketahui, Rakernis Apeksi yang terselenggara di Kota Makassar kali ini merupakan tindak lanjut dari Hasil Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI, 7 –10 Agustus 2022 di Kota Padang.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan rakernis yang terselenggara di Kota Makassar memiliki daya tarik. Sehingga antusias para kepala daerah terbilang tinggi.

  • Bagikan