Rakernis Apeksi, Usulan Dana Kelurahan 2023 Rp1,7 Triliun

  • Bagikan
Ketua Apeksi Bima Arya Lakukan Pemukulan Gong Tanda Rakernis Apeksi Resmi Dibuka, Senin (7/11). (A/Abu)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) resmi dibuka, Senin (7/11). Salah satu pembahasan menghasilkan rekomendasi yakni usulan dana kelurahan sebesar Rp1,7 triliun.

Ketua Apeksi Bima Arya mengatakan, dana kelurahan ini sangat relevan ketika seluruh kota bersiap menghadapi resesi, dan itu terealisasi dalam Rakanis Apeksi.

“Jadi Pembahasannya seluruh Walikota menyuarakan ini. Jadi Dana Alokasi Umum (DAU) ini bukan hanya untuk sarana dan prasarana saja namun untuk kebutuhan warga di kelurahan," ungkap Bima Arya, Senin (7/11).

Terpisah, Direktur Dana Transfer Umum Kemenkeu RI, Adriyanto mengatakan total anggaran yang akan dikucurkan untuk dana kelurahan yang menjadi rekomendasi bahasan dalam Rakernis Apeksi sebesar Rp 1,7 triliun.

“Kami bahas tadi pada forum Rakernis ini bersama seluruh Walikota kabar gembiranya tahun depan akan turun dana tersebut," ujar Adriyanto.

Dana Keluraham ini, sambung Adriyanto akan dibagi ke seluruh pemerintah kota. Rencananya, masing-masing anggaran yang diterima aparat pemerintah kelurahan sebesar Rp200 juta.

"Khusus Makassar ada 153 kelurahan, sehingga total anggaran dana kelurahan Rp30 miliar," bebernya.

"Saya harap dana ini akan digunakan sebaik mungkin untuk kemajuan dan pemenuhan kebutuhan kelurahan,” jelasnya. (Abu Hamzah/Raksul/B)

  • Bagikan