Sulsel Usulkan 10.587 Formasi PPPK, Daerah 3T Terancam Sepi Peminat

  • Bagikan
Kantor Gubernur Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah telah membuka pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2022 melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pendaftaran dimulai sejak 31 Oktober hingga 13 November 2022. 

Adapun seleksi yang dibuka tahun 2022 yakni profesi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Khusus Sulsel, Pemprov mengusulkan formasi PPPK sebanyak 10.587. Formasi guru menjadi yang terbanyak.

Rinciannya, jabatan fungsional kesehatan sebanyak 29 formasi, jabatan fungsional guru sebanyak 10.385 formasi, jabatan fungsional teknis sebanyak 173 formasi. 

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sulsel Imran Jausi berharap dari total formasi PPPK yang diusulkan sebanyak 10.587 itu dapat terisi semua. Terlebih, untuk formasi guru lantaran sangat dibutuhkan.

"Harapan kami tahun ini, semoga semua formasi itu terisi karena memang berdasarkan data ini kami butuhkan banyak guru," ujar Imran Jauzi, Senin (7/11).

Meski formasi usulan PPPK sangat banyak, namun kurangnya peminat dari formasi-formasi penempatan di daerah terdepan, terpencil, dan terluar atau 3T.

"Pasti, daerah-daerah 3T itu yang kurang peminatnya. Sehingga kadang-kadang untuk kebutuhkan. Kami harus cover dengan kami kontrak ulang atau kami outsourching kembali," jelasnya.

Imran menambahkan, jika nantinya ada formasi yang tak terisi maka pihaknya segera berkonsultasi dengan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) untuk mencari solusi. Utamanya kuota dialihkan ataupun akan ditunda hingga tahun depan. 

"Jadi jalan dulu, nanti kita lihat formasi-formasi mana yang tidak ada peminat. Sama dengan tahun kemarin. Berharap memang terisi, kalaupun tidak, sudah ada mekanisme dan prosedur yang sudah ditetapkan," tutupnya. (Sasa/Raksul/B)

  • Bagikan