HUT ke-415 Kota Makassar, Warisan Untuk Masyarakat

  • Bagikan
ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kota Makassar genap berusia 415. Tepatnya hari ini, 9 November 2022. Pemerintah Kota Makassar akan memberikan kado istimewa pada momentum bersejarah ini.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto telah menyiapkan legacy atau warisan untuk masyarakat Kota Makassar. Warisan yang merupakan program strategis Danny Pomanto rencananya dilaunching hari ini.

Diantaranya, program Japparate. Pada program ini, Pemkot Makassar berencana revitalisasi Pantai Losari. Pantai Losari bakal dibangun jadi tiga lantai.

Lantai pertama menjadi lahan parkir, lantai dua disulap jadi pusat perbelanjaan atau mall. Sementara lantai tiga akan menjadi pedestrian, sekaligus pusat kuliner.

Kemudian, Pemerintah Kota Makassar akan menghadirkan mini bus listrik bernama Co'mo (Commuter Metromoda). Moda transportasi ini rencananya diperkenalkan hari ini, tepat di HUT Kota Makassar.

Mini bus co'mo memiliki daya tampung sebanyak 12 penumpang dengan beban maksimal 2 ton. Untuk tahap awal, hanya ada 1 unit yang akan diperkenalkan.

Jika telah memiliki hak paten, maka mini bus ini akan diproduksi dalam jumlah banyak. Setelah semuanya selesai, mini bus tersebut akan diusulkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mendapat Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB).

Co'mo akan melayani 5.000 lorong wisata dan hotel-hotel di Makassar. Hal ini sebagai upaya agar pertumbuhan ekonomi dan kebangkitan ekonomi rakyat benar-benar terjadi di lorong sebagai sel kota.

Mini bus co'mo diklaim akan menghadirkan konsep metaverse seperti yang digaungkan Pemerintah Kota Makassar. Pasalnya, mini bus ini akan dipasangi alat virtual reality (VR) untuk menarik minat masyarakat menikmati wisata di Makassar.

  • Bagikan