HUT ke-415 Kota Makassar, Warisan Untuk Masyarakat

  • Bagikan
ilustrasi

Ia berharap semua permasalahan tersebut dapat segera diselesaikan. "Oleh karena itu program-program yang kami usulkan paling mendasar bagaimana tidak macet, perbaikan drainase dan pelayanan prima OPD," jelasnya.

Selain itu kata dia, Andi Haddi menyarankan adanya evaluasi terhadap permasalahan sosial yakni anjal dan gepeng, tawuran antar kolompok di masyarakat.

Ketua Komisi A DPRD Makassar Rachmat Taqwa Quraisy menambahkan, momentum HUT Kota Makassar kali ini, perlu adanya kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah kota untuk mensukseskan semua program yang telah dicanangkan.

Politisi PPP itu mencatat sejumlah persoalan yang harus dituntaskan. Seperti realisasi anggaran OPD untuk mengatasi persoalan di masyarakat. "Sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan Makassar bisa menjadi kota dunia," terangnya.

Sedangkan, Anggota Komisi B DPRD Makassar, Hasanuddin Leo menerangkan, ada beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian Pemkot Makassar di tahun 2023.

Politisi PAN itu menjelaskan, APBDP 2023 akan fokus pada pembangunan fisik pada beberapa program atau proyek Pemkot Makassar yang gagal dikerjakan tahun 2022 ini. Dimana beberapa proyek masih mangkrak akan dilanjutkan.

"Diantaranya terkait sarana dan pra sarana seperti lahan pemakaman yang semakin mendesak untuk dicarikan lokasi baru, mengingat lokasi di kuburan Sudiang sudah hampir penuh 90 persen," katanya.

Begitu juga dengan proyek pembangunan sejumlah pasar yang gagal dilaksanakan tahun ini, diantaranya Pasar Sambung Jawa dan Pasar Cendrawasih (Senggol).

Termasuk pembangunan rumah sakit di beberapa daerah pemilihan untuk mengakomodir kebutuhan warga pada sarana kesehatan. Pasalnya, sejauh ini, baru satu rumah sakit yang disiapkan Pemkot Makassar, yakni RS Daya.

"Karena memang kita lihat bagi warga yang tinggal di daerah barat dan selatan Makassar, sangat sulit mengakses rumah sakit tersebut karena lokasinya cukup jauh," tuturnya.

Dia juga berharap Pemkot Makassar memperhatikan aset Pemkot Makassar yang belum bersertifikat. Oleh sebab itu, APBDP 2023 akan mengakomudir semua aspirasi dan kepe tingan masyarakat di kota Makassar.

"Jadi, banyak catatan yang harus diperhatikan dalam menyusun APBD Pokok 2023. Diharapkan aspirasi masyarakat tersebut bisa diakomodir," tandas Hasanuddin Leo. (abu-yad)

  • Bagikan