Idris Sebut, Festival Musik Bagian Dari Usaha Mendorong Kreativitas Anak Negeri

  • Bagikan
Sekprov Sulbar Muhammad Idris membuka Festival Musik Rock West Celebes

MAMUJU, RAKYATSULSEL -Sekprov Sulbar Muhammad Idris membuka Festival Musik Rock West Celebes, sekaligus melaunching Paket Wisata Karampuang Mamuju, Paket Wisata Mamasa dan Paket Wisata Polman, di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Jumat (11/11/22) malam.

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris mengatakan, festival musik yang diselenggarakan tersebut merupakan bagian dari usaha bersama mendorong, merangsang dan mengembangkan kreativitas anak negeri ini.

"Yang kita butuhkan adalah kreativitas dan itu biasanya muncul dari generasi muda yang memang ingin mengembangkan apa yang mereka miliki, terutama talenta atau yang kita sebut talenta musik,"ucap Idris

Menurut Idris, industri musik di negara manapun termasuk di Indonesia hanya bisa lahir dari adanya ekosistem atau dukungan lingkungan yang baik, dengan memberikan tempat yang seluas-luasnya bagi pemerhati musik dan anak-anak yang memiliki talenta.

Melalui kesempatan itu, Idris menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Sulbar atas penyelenggaraan kegiatan itu. Dan atas nama Pemprov Sulbar juga memberi apresiasi kepada seluruh group musik, khususnya genre rock celebes.

Dia menambahkan, saat ini tidak ada kegiatan apapun tanpa dukungan teknologi baru. Begitupun dengan kreativitas harus beriringan dengan tuntutan teknologi. Hal itu menjadi tantangan yang tidak mudah.

"Tantangan itu memanglah tidak mudah, namun kami berharap dengan festival ini kita bisa memastikan bahwa tantangan itu bisa kita lewati dengan baik. Saya percaya, kegiatan ini bisa menjadi pemantik untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang,"tuturnya

Sementara, Kadis Pariwisata Sulbar, Farid Wajdi mengatakan, kegiatan itu sebagai upaya dari Dinas Pariwisata Sulbar memberi dukungan kepada para pelaku ekonomi kreatif yang ada di daerah ini, untuk mengeksplorasi ide, gagasan kreatif, sehingga kedepan dapat berkarya lebih produktif.

"Hal ini akan berujung pada kemampuan menggerakkan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan para pelaku ekonomi kreatif di daerah ini, terkhusus yang menggeluti kegiatan-kegiatan bermusik dengan berbagai macam genrenya,"beber Farid

Farid mengungkapkan, sesuai fakta bahwa industri ekonomi kreatif telah menjadi salah satu sumber pendapatan dan peluang bagi penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak.

Terkait pengembangan kepariwisataan di Sulbar, Farid menyampaikan, salah satu upaya yang dilakukan oleh pihaknya adalah membuat paket wisata di tiga kabupaten. Tujuannya, agar para wisatawan domestik atau mancanegara dapat dengan mudah memilih untuk melakukan kegiatan wisata di Sulbar sekali berkunjung.

"Tiga paket wisata yang kami buat adalah pertama paket wisata bahari Pulau Karampuang di Mamuju. Kedua, paket wisata tour Polman, meliputi wisata religi di Lapeo, wisata Gonda Mangrove di Desa Laliko, negeri di atas awan di Desa Bulo dan ketiga paket wisata di Mamasa, yakni berkunjung ke Tondok Bakaru,"terangnya

Pada event tersebut, selain pertunjukan musik rock juga menyediakan ruang bagi para pelaku ekonomi untuk melakukan pameran sebagai sub sektor ekonomi kreatif dengan beragam kuliner dan karya, sehingga kegiatan itu bisa diakses oleh masyarakat dan bagi pelaku ekonomi kreatif bisa meningkatkan ekonominya. (adv)

  • Bagikan