KPU Sidrap Latih Kader Demokrasi di Desa Abbokongeng

  • Bagikan

SIDRAP, RAKYATSULSEL  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidenreng Rappang, aktif melakukan sosialisasi kepemiluan, salah satunya dengan menggelar pembekalan Kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Desa Abbokongeng, Kecamatan Kulo, Sabtu (12/11/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Sidrap, Syamsuddin Saleng, didampingi Koordinator divisi Sosialiasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, KPU Sidrap, Akhwan Ali, Koordinator Divisi Perencanan, Data dan Informasi, Rasmawati saat dikonfirmasi di lokasi pembekalan.

Menurut Syamsuddin, Kegiatan pembekalan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan tersebut dilakukan dengan tujuan, agar ada proses edukasi sekaligus membangun kesadaran politik masyarakat, dengan harapan meningkatnya kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih.

“ Alhamdulillah, dengan bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Abbokengeng, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Kita berharap kegiatan ini memberikan dampak positif, secara khusus di tingkat desa, baik berupa peningkatan kualitas dan kuantitas pemilih, sehingga pemilihan demokratis dapat terwujud dengan baik,” jelas Syamsuddin Saleng.

Sementara itu, Akhwan Ali mengatakan, peserta DP3 adalah warga Desa Abbokongeng, berjumlah 25 orang, dan merupakan perwakilan dari sejumlah unsur, seperti perwakilan tokoh perempuan, tokoh agama, tokoh pemuda dan lain sebagainya.

“ Dengan harapan, para kader DP3 atau yang sering disebut kader demokrasi tersebut, nantinya akan menjadi corong, atau lokomotif penggerak di tingkat desa, khususnya dalam setiap event kepemiluan,” jelas Akhwan Ali.

Informasi lainnya, kegiatan pelatihan kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan tersebut, juga pernah dilakukan di sejumlah desa, seperti di Desa Carawali, Kecamatan Watangpulu, Desa Bulo Kecamatan Pancarijang, dan Desa Abbokongeng Kecamatan Kulo.

“ Sesuai dengan arahan Pimpinan kami di KPU RI dan KPU Provinsi Sulawesi Selatan, program DP3 adalah program yang berkelanjutan. Maka harapannya pelatihan kader demokrasi ini bukan hanya di Carawali, Bulo dan Abbokongeng, namun merata di seluruh desa di waktu yang berkala,” jelas Akhwan Ali.

Terpisah Kepala Desa Abbokongeng, Andi Thamrin, mengaku berterima kasih kepada KPU karena telah memilih dan melaksanakan pelatihan kader demokrasi di desanya.

“Tentu kami sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar KPU, karena hal ini tentu akan ikut membangun sumber daya (SDM) di desa kami,” jelas Andi Thamrin. (Rid)

  • Bagikan