Dana Bantuan Parpol Bakal Naik

  • Bagikan
Dana Bantuan Parpol Naik

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berencana menambah bantuan anggaran untuk partai politik (parpol) 2023 mendatang. Pada 2022 ini, Pemprov telah menganggarkan bantuan parpol sebesar Rp5 miliar.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pengusulan penambahan bantuan anggaran partai politik tahun 2023 telah dibahas. Bahkan, kata dia, mekanisme dan hitungan penganggaran tersebut telah ada sejak lama.

"Bantuan parpol minimal naik di 2023. Kita ada dasar yang lama. Ini juga baru kita urus setelah sekian lama tidak diperhatikan," kata Sudirman.

Sudirman berharap bantuan parpol akan membuat parpol bisa lebih profesional. "Itu salah satu cara untuk bagaimana partai ini lebih profesional dengan adanya bantuan parpol. Kita mulai penyesuaian. Insya Allah nanti mereka bisa menjadi lebih profesional ke depan," katanya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel, Asriady Sulaiman menjelaskan, pengusulan bantuan dana partai politik 2023 sementara dibahas di DPRD.

Asriady menyebut, pengusulan tersebut nantinya akan dikaji dan menyesuaikan dengan kondisi keuangan serta akan dimasukkan kedalam APBD 2023.

"Jadi DPRD bersurat ke pak gubernur, gubernur setelah mengkaji dan membahas bersama tim anggaran dewan (banggar) DPRD memutuskan besaran yang diusulkan yang dimasukkan dalam APBD 2023. Sekarang, ini kan lagi pembahasan 2023 karena pencairannya itu kan tidak diawal tahun," terangnya.

  • Bagikan