Pemilu 2024, Kursi Wakil Rakyat di Tiga Daerah di Sulsel Ini Bertambah

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pemilihan pada Pemilihan Umum 2024 dipastikan bertambah. Apalagi seiring terbentuknya tiga daerah otonom baru.

Khusus di Sulsel, pada pemilu 2024 mendatang. Dari 24 Kapupaten Kota terdapat tiga daerah mendapat kuota penambahan masing-masing 5 kursi di parlemen nantinya.

Tiga daerah tersebut yakni. Kabupaten Takalar, saat ini memiliki 30 kursi di DPRD akan bertambah menjadi 35 kursi. Begitu juga Kabupaten Luwu Timur dari 30 kursi di DPRD hasil pemilu 2019, akan bertambah 35 kursi. Terakhir Kabupaten Bantaeng, kini memiliki 25 kursi di DPRD. Akan bertambah menjadi 30 kursi di pemilu tahun 2024.

"Untuk pemilu 2024, di Sulsel tiga daerah bertambah jumalah kursi. Diantaranya Takalar, Bantaeng dan Lutim. Maka masing-masing bertambah 5 Kursi," ujarnya, Kamis (17/11/2022).

Menurutnya, secara kalkulasi hitungam berdasarkan bertambah jumlah penduduk. Dimana sesuai data Pemerinta, menyerahkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK-2) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat.

"Hitungan berdasarkan bertambah jumlah penduduk dari penyerahan DAK-2. Nanti tahun depan baru penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4)," terang Asram.

  • Bagikan