KPU Jamin Integritas Petugas Adhoc

  • Bagikan
Komisi Pemilihan Umum (KPU)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah resmi membuka pendaftaran adhoc baik PKK maupun PPS untuk bekerja pada pemilu 2024 mendatang.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan hari pertama sudah ada 273 pendaftar PPK. Di mana, penerimaan anggota Adhoc Pemilu 2024, baik PPK maupun PPS mulai dibuka secara serentak, Minggu, (20/11).

"Pendaftaran tersebut dilakukan secara digital melalui aplikasi SIAKBA," jelas Endang Sari, Senin (21/11).

Endang berharap proses pendaftaran berjalan bersih tanpa ada indikasi 'orang titipan' dari pihak tertentu. Apalagi petugas badan Ad Hoc merupakan ujung tombak dalam berjalannya pesta demokrasi akan datang.

Terpisah, Komisioner KPU Sulsel, Fatmawati menjamin proses perekrutan petugas badan Adhoc mengedepankan integritas. Kendati publik diikut sertakan dalam proses tersebut.

"Kami yakin orang-orang mendaftar agar bebas intervensi dan titipan dari kepentingam politik. Kita akar lakukan berbagai hal untuk menjaga integritas ad hoc saat bekerja," tegasnya.

Misalnya, kata Fatmawati, dalam proses perekrutan mulai verifikasi berkas bakal calon hingga tes wawancara, KPU membuka pengaduan masyarakat. Ini bertujuan untuk menghindari adanya bakal calon yang berafiliasi dengan partai politik atau menjadi tim sukses calon tertentu.

"Sejak lolos administrasi itu sudah dibuka tanggapan masyarakat sampai masuk wawancara, KPU siap menerima laporan dengan adanya dugaan berafiliasi partai politik. Ini untuk menjaga bahwa tidak memihak," katanya.

  • Bagikan

Exit mobile version