Pemkot Parepare Terima Kunjungan Tim Verifikasi Kota Sehat

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Pemerintah Kota Parepare, bersama Forum Kota Sehat, menerima kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan, di Ruang Rapat Bappeda Kota Parepare, Senin (21/11/2022).

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Ketua Tim Verifikasi KKS, H Lukman Sanusi bersam 3 anggota Tim Verifikasi yang diterima Asisten I Pemerintah Kota Parepare, Aminah Amin.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kita Parepare, H. Aminah Amin mewakili Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menyampaikan, bahwa Kota Parepare siap untuk dilakukan verifikasi dengan berbagai persiapan termasuk dukungan dari SKPD.

“Kami sangat mengharapkan masukan-masukan daripada Tim, mudah-mudahan kekurangan-kekurangan yang ditemui oleh Tim dapat segera dibenahi untuk dilakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka menyongsong penilaian berikutnya,”Jelas Aminah Amin.

Kota Parepare kata Aminah Amin, telah memenuhi hal-hal yang dipersyaratkan untuk meraih swasti saba wistara yaitu kecamatan dan kelurahan terkait pelaksanaan penyelenggaraan kecamatan dan kelurahan sehat.

“Capaian seluruh indikator pokok dan pertatanan, lanjutnya, telah mencapai minimal 91 persen. Untuk itu kami mohon masukan dan petunjuk lebih lanjut berdasarkan bedah dokumen yang akan dilakukan,”terangnya.

Sementara Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan, H Lukman Sanusi mengatakan, penilaian verifikasi Kota Sehat untuk tahun 2023 termasuk cukup berat karena skoring yang dipersyaratkan minimal 91%. Kenaikan skoring tersebut, kata Lukman, mengakibatkan sejumlah kabupaten/kota tidak dapat meraih Wistara.

“Jadi jika Kota Parepare ingin meraih Wistara ke lima, harus betul betul melaksanakan apa yang menjadi pertanyaan di indikator, harus sesuai buktinya. Masing-masing indikator tatanan tolong diperhatikan terkait rencana kerjanya,” jelas Lukman.

Lukman meyakini bahwa Kota Parepare mampu mempersiapkannya dan nantinya dapat meraih Wistara yang ke lima kalinya. Ia pun menjelaskan bahwa akan diterbitkan Peraturan Presiden terkait pemberian reward bagi kabupaten/kota.

“Saya yakin Tim Kota Sehat Kota Parepare telah melewati ujian seperti itu dan nantinya dapat kembali meraih Wistara,”pungkasnya.(yanti)

  • Bagikan

Exit mobile version