Sinergi Pemda Luwu Utara dan Indomaret, Dorong UMKM Naik Kelas

  • Bagikan

LUWU UTARA, RAKYATSULSEL.FAJAR.CO.ID- Sinergi dan kolaborasi. Dua kata ini adalah kekuatan, sekaligus kunci sukses bagaimana sebuah program dapat dijalankan dengan baik, dan berkesinambungan.

Hal ini pula yang mendasari PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara menggelar Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM, Senin (21/11/2022), di Aula La Galigo Kantor Bupati. Pelatihan diikuti 50 peserta dari pelaku UMKM.

Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM ini dibuka Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, dan dihadiri Plt. Kepala Dinas P2KUKM, Muhammad Kasrum, serta Pimpinan Cabang PT. Indomarco Prismatama Cabang Makassar, Ady Jati Kusumo.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Suaib Mansur mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, pelatihan ini tentunya akan memberikan dampak positif terhadap kemandirian UMKM di Kabupaten Luwu Utara.

“Kami sangat mengapresiasi dan menghargai upaya-upaya kita untuk membuat pelaku usaha di Kabupaten Luwu Utara ini naik kelas. Semoga ini memberi dampak positif kepada masyarakat kita,” kata Wabup Suaib Mansur.

Mantan Kadis PUPR ini mengatakan, kehadiran Indomaret, termasuk investor lainnya, akan memberikan dampak yang positif terhadap iklim investasi di Kabupaten Luwu Utara.

“Yang paling penting dari sebuah investasi adalah transfer knowladge kepada kita yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu. Trik-trik atau rahasia-rahasia teman-teman yang telah sukses di Indomaret akan kita pelajari, karena kreativitas dan inovasi saat ini, juga menjadi kebutuhan,” jelasnya.

Untuk itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusi Indomaret dalam melakukan transfer knowledge terhadap pelaku UMKM. “Kita ingin kehadiran Indomaret ini memberikan peluang pemasaran kepada teman-teman UMKM,” harap dia.

Sementara itu, Pimpinan Cabang PT. Indomarco Prismatama Cabang Makassar, Ady Jati Kusumo, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan dengan menggandeng pelaku UMKM adalah kegiatan rutin yang telah dilakukan selama kurang lebih 9 tahun.

“Untuk tahun 2022 ini, tepatnya di Luwu Utara, ini adalah kegiatan yang ke-31. Ini bukti kepedulian kami agar pelaku UMKM di Kabupaten Luwu Utara bisa naik kelas, sesuai dengan tema kita, yaitu Berkreasi dan Berinovasi Menuju UMKM Naik Kelas,” kata Ady.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (DP2KUKM) Luwu Utara, Muhammad Kasrum, mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini, untuk memberi pengetahuan UMKM, seperti tata cara menjadi pemasok di retail modern, dan strategi keberhasilan penjualan produk UMKM via media sosial.

“Tentu dengan harapan bahwa dengan selesainya pelatihan ini, maka para peserta dapat dan mampu mengelola usahanya dengan baik dan benar, sehingga pelaku usaha bisa naik kelas,” ujar Kasrum. (*)

  • Bagikan