Bawaslu Sulsel Gelar ‘Garasi’ Pengawasan Partisipatif di Sidrap

  • Bagikan

SIDRAP, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulsel melaksanakan Gerakan Sadar Demokrasi (Garasi) di Warkop The Three, Selasa, 22 November 2022.

Hadiri Kordiv Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Sulsel, Amrayadi, Ketua Bawaslu Sidrap, Asmawati Salam, Kasek Bawaslu Sidrap, Arsal dan Kordiv Hukum, Pencegahan, dan Parmas Bawaslu Sidrap Andi Saiful.

Adapun yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut yakni perwakilan dari SLB, PMII, HMI, GMNI, Ansor NU, IMM, Pemudah Muhammadiyah, KNPI, Fatayat, Nasyatul Aisyah, IMDI dan anggota Panwascam Sidrap.

Ketua Bawaslu Sidrap, Asmawati Salam mengatakan, kegiatan yang digelar Bawaslu Sulsel ini bertujuan sebagai wadah atau langkah pelibatan masyarakat untuk ikut dalam mengawasi secara langsung setiap tahapan pemilihan umum (Pemilu).

"Gerakan Sadar Demokrasi atau Garasi ini adalah sarana yang dilakukan Bawaslu Sulsel bersama penggiat pemilu dan alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif atau SKPP sebagai partner pemerintah dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu serentak 2024," ujarnya.

Sementara, Kordiv Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Sulsel, Amrayadi berharap seluruh elemen masyarakat bisa ikut melakukan pengawasan parsipatif.

"Jadi kami harap para alumni SKPP mampu menjadi aktor penggerak dalam pengawasan partisipatif. Menciptakan model dan metode pengawasan yang efektif, optimal dan teraktual," ujarnya.

Harapannya, agar pelaksanaan pemilu serentak 2024 bisa berjalan sesuai undang-undang tanpa dicederai oleh sejumlah pelanggaran seperti politik uang, ujaran kebencian dan sejumlah pelanggaran lainnya. (Ridwan)

  • Bagikan