Gubernur Sulsel Usul Ganti Sekprov

  • Bagikan
Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Posisi Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani terancam. Kabarnya, Abdul Hayat Gani diusulkan diganti.

Kabar tersebut ramai diperbincangkan setelah beredar surat pengusulan pergantian Sekprov yang diteken langsung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Pengusulan pergantian Sekprov bernomor 800/0019/BKPSDMD tertanggal 12 September 2022 itu.

Pengusulan pergantian Abdul Hayat Gani kabarnya sudah tiga kali dilakukan, namun tak kunjung lolos. Alasan pergantian tersebut juga belum pasti. Hanya saja, isu kinerja Abdul Hayat Gani yang tidak memuaskan serta tidak dapat menyatukan OPD-OPD menjadi salah satu alasan pengusulan pergantian itu.

Kepala Dinas Kominfo Sulsel, Amson Padolo mengaku belum mengetahui kabar tersebut. "Saya baru mau konfirmasi ke Kemendagri soal surat itu," ucap Amson.

Sementara Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani yang dikonfirmasi terkait pergantian dirinya tidak merespon. Sambungan telfon yang dilayangkan enggan untuk dijawab.

Terpisah, Pengamat Ilmu Tata Pemerintahan Negara Prof Dr Aminuddin Ilmar menilai langkah ini sudah tepat. Pasalnya, Andi Sudirman Sulaiman memiliki kewenangan penuh sebagai user atau pengguna yakni Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di Pemprov Sulsel.

“Pengusulan penggantian itu oleh gubernur sudah tepat. Karena memang pak gub adalah user (pengguna),” ujar Prof Aminuddin Ilmar, Senin (21/11/2022).

  • Bagikan