Survei CPI-LSI Tingkat Pelayanan Masyarakat Memuaskan, Sekda Palopo Apresiasi Kinerja Lurah dan Camat

  • Bagikan

PALOPO, RAKYATSULSEL - Secara umum kondisi Kota Palopo dalam enam bidang: ekonomi, politik, keamanan, penegak hukum, rata-rata dinilai baik, namun diperlukan optimalisasi di bidang politik dan ekonomi yang berfokus pada masalah ketenagakerjaan juga pemerataan pembangunan infrastruktur. 

Terkait hal itu pihak Direktur Citra Publik Indonesia (CPI) Lembaga Survei Indonesia (LSI) DENNY JA, Hanggoro Doso Pamungkas bersama Fitri Hari Manajer CPI -LSI melakukan Seminar Kebijakan Publik digelar di ruang Ratona kantor wali kota Palopo, Selasa (22/11/2021).

Dari data hasi survei dipaparkan Direktur CPI-LSI, Hanggoro Doso Pamungkas mengatakan, secara khusus terdapat tiga masalah paling penting yang harus ditangani oleh Pemkot Palopo yaitu, susahnya mencari lapangan pekerjaan, banjir, kurang meratanya pembangunan infrastruktur antar kelurahan.

Dala data hasil survei dan analisa dihimpun pada November 2022, terkait hal penanganan Covid-19, program vaksinasi serta penyaluran BLT mayoritas masyarakat merasa sangat dan cukup puas.

Selain itu kinerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serta Pemkot Palopo dinilai oleh masyarakat luas, mayoritas masyarakat Palopo dengan program- program khusus Palopo, namun tingkat pengetahuan atas program tersebut dinilai masih ada yang rendah dibawah 50 persen.

Penggunaan aplikasi pelayanan pemerintah masih rendah (4,5 persen pengguna), namun mayoritas pengguna aplikasi puas (9,4 persen) dengan aplikasi tersebut.

Dalam hal penilaian masyarakat atas jalan tani yang berkondisi baik masih dibawah 50 persen.

Dalam hal pelayanan publik, masyarakat Kota Palopo merasa puas atas pelayanan kelurahan, kecamatan dan kantor administrasi publik.

Dalam hal kemudahan mendapatkan kebutuhan dasar dan harga - harga kebutuhan pokok rata-rata penilaian di atas 60 persen.

Pemkot Palopo berperan penting dalam hal kebersihan dan ketersediaan fasilitas peribadatan cukup baik , namun masih kurang dalam hal sarana - prasarana olah raga serta taman, alun - alun.

Untuk penilaian kepuasaan di per bidang secara umum hasil kerja Pemkot Palopo di klaim baik (diatas 80 persen) oleh masyarakat untuk beberapa bidang, terutama pada bidang kesehatan dan pendidikan.

Di sisi lain ada juga bidang yang masih kurang mendapatkan kepuasan masyarakat (ketenagakerjaan).

Dari hasil survei dilakukan pihak CPI- LSI pihak Pemkot Palopo, melalui Sekda Kota Palopo, Firmanzah DP berterima kasih kepada para lurah dan cama se Kota Palopo.

"Dari hasil survei dipaparkan pihak CPI-LSI hasil kerja keras para lurah dan camat se Kota Palopo masuk bagian garda terdepan dalam hal memberi pelayanan langsung kepada masyarakat. Untuk kedepannya kinerja kita harus tingkatkan seluruh baik di OPD lingkup pemerintah Kota Palopo," kata Firmanzah. (Jaya)

  • Bagikan