Dispora Sulsel Gelar Pelatihan Kewirausahaan Tahun 2022 di Kabupaten Wajo

  • Bagikan
Pelatihan Kewirausahaan di Wajo tahun 2022, di Hotel Ayu Sengkang, Kamis (24/11/2022).

WAJO, RAKYATSULSEL - Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Selatan (Susel) menggelar Pelatihan Kewirausahaan Wajo tahun 2022, di Hotel Ayu Sengkang, Kamis (24/11/2022).

Dengan mengangkat tema Pemuda Bangkit Melalui Wirausaha Untuk Desa Yang Mandiri, Dispora Provinsi Sulsel menghadirkan sejumlah narasumbe untuk membekali puluhan kaum milenial dengan berbagai macam materi kewirausahaan.

Kepala Dispora Provinsi Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan, salah satu tujuan menghadirkan kegiatan pelatihan kewirausaan di Kabupaten Wajo adalah untuk mendekatkan pelayanan kepemudaan

Pemerintah tentu menginginkan pasca pandemi ada perbaikan terhadap tingkat pengangguran di Indonesia. Karena salah satu penyumbang terbesar pengangguran adalah usia pemuda, 16-30 tahun.

"Tentunya kami disini hadir untuk memberikan inspirasi bagi pemuda di Kabupaten Wajo untuk mau menggeluti dunia kewirausahaan, agar nanti mampu membuka lapangan kerja untuk dirinya sendiri," ujarnya

Andi Arwin menjelaskan, berdasarkan data BPS tahun 2021, tingkat pengangguran terbuka pemuda di Sulsel mencapai 5,72%. Sedangkan di tahun 2022 pemerintah berhasil menekan angkat pengangguran menjadi 4,98%.

"Pemuda berumur 20-24 tahun merupakan kelompok umur penyumbang tingkat pengangguran terbuka yang paling banyak, yang kedua usia 25-29 tahun, dimana jumlahnya mencapai 1 3 juta jiwa, dan yang ketiga usia 15-19 tahun, jumlahnua 1,1 juta jiwa," jelasnya

Dalam kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Wajo tahun 2022, diikuti sebanyak 70 orang peserta dari berbagai macam unsur, diantaranya pemuda, pelajar, mahasiswa dan beberapa pelaku usaha.

Olehnya itu, Andi Arwin berharap agar para peserta pelatihan kewirausahaan ini mampu menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber, sehingga dapat meningkatkan minat berwirausaha, agar kelak nanti mampu menciptakan lapangan kerja.

"Tentu dengan pelatihan kewirausahaan ini diharapkan akan muncul entrepreneur - entrepreneur baru ditengah sulitnya mendapatkan kesempatan dari lapangan kerja yang ada," tandasnya. (*)

  • Bagikan