KPU Rancang Perubahan Dapil

  • Bagikan
Dapil Sulsel Potensi Berubah

Adapun Ketua KPU Soppeng, Muhammad Hasbi mengatakan, saat ini sudah ada beberapa tahapan yang dilalui. Dan kini memasuki tahapan penataan daerah pemilihan.

Ada tiga opsi yang diajukan KPU Soppeng ke KPU Pusat untuk dilakukan perubahan dapil dan jumlah kursi. Meski demikian, opsi tersebut bisa saja tidak terjadi perubahan dapil.

"Untuk penetapan dapil ini, kita akan umumkan di bulan Januari 2023, dan tentunya sebelum di umumkan kita akan melakukan uji publik," katanya.

Ia menyampaikan untuk merancang daerah pemilihan yang nantinya akan menjadi bahan pengumuman dan bahan uji publik. KPU Kabupaten/Kota menetapkan rancangan awal daerah pemilihan untuk Pemilu 2024. Rancangan ini tentu sudah melalui kajian dari komisioner dan para tim.

"Berdasarkan aturan itu ada 3 rancangan. Yang pertama, sesuai dapil sebelumnya, hanya saja penambahan delapan kursi yang sebelumnya tujuh kursi. Kemudian yang kedua dapil 1 Lalabata, Dapil 2 Marioriawa-Donri2, Dapil 3 Lilirialau-Ganra, Dapil 4 Liliriaja-Citta, Dapil 5 Marioriawa. Sementara Rancangan ke 3. Dapil 1 Lalabata, Dapil 2 Marioriawa-Donri2, Dapil 3 Lilirialau-Citta, Dapil 4 Liliriaja-Ganra, Dapil 5 Marioriawa," jelasnya. (*)

  • Bagikan